Identifikasi Kerusakan Pada Mesin Penggiling Sheet Tipe Six In One Menggunakan Metode FMEA (Failure Mode Effects Analysis) di Pabrik kebun Kotta Blater, Kabupaten Jember

Sebastian, Beni (2022) Identifikasi Kerusakan Pada Mesin Penggiling Sheet Tipe Six In One Menggunakan Metode FMEA (Failure Mode Effects Analysis) di Pabrik kebun Kotta Blater, Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (255kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (163kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (165kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Identifikasi Kerusakan Pada Mesin Pengggiling Sheet Tipe Six In One Menggunakan Metode FMEA(Failure Mode Effects Analysis) Di Pabrik Kebun Kotta Blatter Kabupaten Jember, Beni Sebastian, NIM B31192063, Tahun 2022, 34 Halaman, Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Elok Kurnia Novita Sari, S. TP, MP (Dosen Pembimbing). Pohon karet merupakan jenis tanaman berbatang besar dan pertumbuhannya tegak lurus ke atas. Pada batang bagian dalam terdapat getah yang disebut lateks. Tanaman ini dapat disadap atau diambil getahnya kemudian diolah menjadi lembaran karet bergaris (sheet) melalui proses pengasapan. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengidentifikasi kerusakan pada mesin penggiling sheet tipe six in one menggunakan metode FMEA (Faillure Mode Effects Analysis). Kegiatan ini dilaksanakan di pabrik pengolahan karet PTPN XI Kebun Kotta Blater Kabupaten Jember pada bulan Juni – Juli 2022. Mesin penggiling sheet merupakan mesin yang di gunakan untuk mengolah mesin karet yang telah di bekukan menjadi koagulum. Perinsip kerja mesin penggiling sheet adalah menekan koagulum hingga menjadi lembaran sheet menggunakan 6 pasang silinder pengepres. Penggolahan RSS (Ribbet Smoket Sheet) di PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Kotta Blatter Kabupaten Jember menggunakan mesin penggiling sheet manggel tipe six in one. Terdapat 3 komponen yang sangat memerlukan preventive maintenance yaitu Gear dengan nilai RPN 150 , V-belt dengan nilai RPN 140, Bearing dengan nilai RPN 147, karena 3 komponen tersebut sangat perlu untuk pengecekan rutin, Adapun saran untuk memaksimalkan alat ini yaitu di harapkan para pekerja untuk melakukan pengecekan terhadap komponen yang membutuhkan perawatan rutin sehingga kinerja mesin penggiling sheet tetap optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSari, Elok Kurnia NovitaNIDN0008118604
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > Tugas Akhir
Depositing User: Beni Sebastian
Date Deposited: 14 Sep 2022 03:28
Last Modified: 14 Sep 2022 03:30
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16860

Actions (login required)

View Item View Item