Analisis Kunjungan Pasien Selama Pandemi Covid-19 di RSUD Tugurejo Semarang

Sinatrya, Jihan (2021) Analisis Kunjungan Pasien Selama Pandemi Covid-19 di RSUD Tugurejo Semarang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (62kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (82kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (72kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
G41202144_JIHAN SINATRYA_LAPORAN PKL 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 memasuki Indonesia, kelumpuhan operasional dari berbagai aspek tak terhindarkan tak terkecuali pada fasilitas pelayanan kesehatan. Permasalahan tersebut berdampak pada kunjungan pasien di Rumah Sakit. Tujuan dari penelitian ini menganalisis kunjungan pasien selama pandemi Covid-19 di RSUD Tugurejo Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan untuk menggambarkan kunjungan pasien pada tahun 2018 – 2020 dengan instrumen wawancara kepada petugas rekam medis. Sampel yang digunakan adalah seluruh populasi, seluruh kunjungan pasien pada tahun 2018-2020. Berdasarkan analisis penulis terhadap kunjungan pasien di RSUD Tugurejo Semarang terdapat penurunan kunjungan pasien dalam dua tahun terakhir. Penurunan kunjungan terjadi di tahun 2018 – 2019 dimana dari tujuh unit pelayanan pasien tiga unit mengalami penurunan kunjungan, kemudian tahun 2019 – 2020 dimana dari tujuh unit pelayanan seluruhnya mengalami penurunan kunjungan. Berdasarkan wawancara yang dilakukan faktor utama penurunan kunjungan pasien di RSUD Tugurejo Semarang adalah Pandemi Covid-19, meskipun ada faktor lain yaitu kebijakan sistem rujukan berjenjang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kunjungan pasien dari tahun 2018 – 2020 mengalami penurunan mengakibatkan okupansi menurun, pendapatan menurun, dan beban kerja pegawai tidak efisien. Saran peneliti adalah perlunya dilakukan audit dan pengembangan pelayanan terbarukan dalam menghadapi covid-19 agar tidak tertinggal dengan kompetitor

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRoziqin S, M. ChoirurNIDN0410047807
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > PKL
Depositing User: Jihan Sinatrya
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:10
Last Modified: 15 Sep 2022 02:11
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16733

Actions (login required)

View Item View Item