“Proses Produksi Pembekuan Udang VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) Bentuk CPDTO (Cook Peeled Deveined Tail On) Di Pt. Bumi Menara Internusa Lamongan

In, Khurin (2021) “Proses Produksi Pembekuan Udang VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) Bentuk CPDTO (Cook Peeled Deveined Tail On) Di Pt. Bumi Menara Internusa Lamongan. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
(Ringkasan) Laporan pkl _Khurin'in _PT BMI LAMONGAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (129kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
(BAB 1) Laporan pkl _Khurin'in _PT BMI LAMONGAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (138kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
(Dapus) Laporan pkl _Khurin'in _PT BMI LAMONGAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (134kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
laporan full tampa lampiran pkl (scn pengesahan).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PT. Bumi Menara Internusa Lamongan berlokasi di Jl. Raya Lamongan – Gresik KM 40, Lamongan merupakan perusahaan pangan yang bergerak dalam bidang industri pengolahan hasil laut. Komoditi utama yaitu produk dengan bahan baku udang. Semua produk yang dihasilkan dalam keadaan beku. Produk – produk yang dihasilkan antara lain: Raw, Breaded, Cook dan Cook ring dalam kemasan frozen. Praktik Kerja Lapang (PKL) merupakan kegiatan akademik yang dilakukan mahasiswa guna menambah wawasan, meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi baik secara teoritis maupun praktik dengan cara melakukan praktik kerja di industri, instansi dan lain-lain. Tujuan dari pelaksanaan Praktik Kerja Lapang (PKL) untuk mengetahui secara umum kondisi perusahaan, proses produksi, pengawasan mutu, dan sanitasi. Tujuan khusus yaitu untuk mengetahui dan memahami penanganan setiap tahapan proses, dan dilakukan penyesuaian dengan regulasi yang ada. Jenis udang yang digunakan sebagai bahan baku utama di PT. Bumi Menara Internusa Lamongan yaitu udang vannamei. Udang vannamei (Litopenaeus vannamei) merupakan salah satu komoditi perikanan laut yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi baik di pasar domestik maupun global, dimana 77% diantaranya diproduksi oleh negara – negara Asia, seperti Indonesia. Indonesia merupakan salah satu eksportir udang terbesar di dunia. Umumnya, pasar dunia mengharapkan kebutuhan udang dalam bentuk segar dan memenuhi standar mutu ekspor, sehingga pada perdagangan internasional udang ditawarkan dalam keadaan beku dengan beragam jenis. Oleh karena itu, melihat pentingnya proses pembekuan, Praktek Kerja Lapang (PKL) ini bertujuan untuk mengetahui dan vii mempelajari mengenai Proses Produksi Pembekuan Udang Vannamei (Litopenaeus vannamei) khususnya bentuk CPDTO (Cook Peeled Deveined Tail On) yang ada di PT. Bumi Menara Internusa Lamongan. Berdasarkan Praktek Kerja Lapang (PKL) yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa proses produksi pembekuan udang vannamei (Litopenaeus vannamei) bentuk CPDTO (Cook Peeled Deveined Tail On) dimulai dari Receiving raw material, washing 1, weighing 1, cutting head, washing 2, sorting, peeling, soaking, cooking, precooling, freezing 1, weighing 2 , glazing, freezing 2, packaging and labeling into polybag, metal detecting, packaging and labeling into MC hingga penyimpanan pada Cold Storage. Sebagai tambahan lainnya didapatkan pengetahuan secara umum kondisi perusahaan, pengawasan mutu, fasilitas-fasilitas penunjang produksi, serta penerapan hygiene dan sanitasinya.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSuryaningsih, WahyuNIDN0015026204
Uncontrolled Keywords: udang vannamei, pembekuan
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 230 - Ilmu Perikanan > 234 - Pengolahan Hasil Perikanan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Pangan > PKL
Depositing User: Khurin'in Khurin'in
Date Deposited: 14 Sep 2022 01:49
Last Modified: 14 Sep 2022 01:50
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16545

Actions (login required)

View Item View Item