“Pengendalian Mutu Sensitivedan Non Sensitive Material Pada Proses Produksi Air Minum Dalam Kemasan Nestle Pure Life di PT. Akasha Wira Internasional Pasuruan-Jawa Timur

Nugroho, Samuel Abdiel (2022) “Pengendalian Mutu Sensitivedan Non Sensitive Material Pada Proses Produksi Air Minum Dalam Kemasan Nestle Pure Life di PT. Akasha Wira Internasional Pasuruan-Jawa Timur. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan sam.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (47kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 sam.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (114kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DaftarPustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (106kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Lengkap tanpa lampiran sam.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Air Merupakan salah satu komponen penting bagi kehidupan manusia, oleh karena itu manusia sangat membutuhkan asupan air minum untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Pentingnya air minum bagi kehidupan manusia sehingga banyak berkembang industri-industri terutama industri yang bergerak di bidang pangan mulai memproduksi air minum dalam kemasan. Program Praktik Kerja Lapang ini bertujuan untuk sarana belajar mahasiswa dalam proses produksi dalam pembuatan air minum dalam kemasan dan meningkat kan ketrampilan mahasiswa dalam melakukan kegiatan pengendalian mutu sensitive dan non-sensitive material pada proses produksi. Kualitas produk merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan, tak terkecuali perusahaan yang bergerak pada bidang pangan. Untuk menjaga kualitas dari sebuah produk harus dilakukan pengendalian mutu dari pengambilan bahan baku, proses produksi, hingga pengemasan produk, tidak hanya itu pengendalian mutu juga dilakukan pada lingkungan produksi. Kualitas mutu pada produk air minum dalam kemasan tidak hanya pada bahan bakunya namun juga pada komponen lainnya seperti material kemasan. Terdapat dua jenis material yaitu sensitive dan non-sensitive material. Sensitive material merupakan komponen yang bersentuhan langsung dengan produk sedangkan non-sensitive material merupakan komponen yang tidak bersentuhan langsung dengan produk. Menjaga mutu dari material dalam prosedurnya menggunakan metode MTTD-STD 105E. Metode ini sangat bergantung pada selang kepercayaan industri dengan supplier, semakin tingkat kepercayaan industri maka dalam mengambil sampel akan lebih sedikit, dan sebaliknya jika tingkat kepercayaan rendah maka sampel yang diambil lebih banyak. Pengujian yang dilakukan pada sampel material meliputi: dimensi, kekuatan, organoleptik, dan mikrobiologi, standar yang di buat untuk produk material di tetapkan oleh industri.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWibisono, YossiNIDN0029097302
Uncontrolled Keywords: AMDK, Air Mineral, Industri
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 165 - Teknologi Pangan dan Gizi
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Pangan > PKL
Depositing User: SAMUEL ABDIEL NUGROHO
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:13
Last Modified: 08 Sep 2022 03:14
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16369

Actions (login required)

View Item View Item