Studi Praktik Analisis Kegagalan Preform Menjadi Botol Kemasan Air Mineral Nestle Pure Life Di PT. Akasha Wira Internasional Tbk-Sengon Factory

Pratyarsi, Pradipta Beril (2022) Studi Praktik Analisis Kegagalan Preform Menjadi Botol Kemasan Air Mineral Nestle Pure Life Di PT. Akasha Wira Internasional Tbk-Sengon Factory. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (121kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (182kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
B41180172_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang (PKL) merupakan salah satu model pembelajaran yang sistematis dan sinkron antara program pendidikan di perkuliahan dengan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan langsung didunia kerja yang bekerjasama dengan perusahaan untuk mencapai tingkat keahlian tertentu. Pelaksanaan kegiatan PKL dilakukan di PT. Akasha Wira International Tbk – Sengon Factory mulai tanggal 6 September 2021 sampai dengan 7 Januari 2022. PT. Akasha Wira International Tbk adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dan kecantikan, yang mana pada saat ini Praktik Kerja Lapang (PKL) dilakukan di perusahaan air minum dalam kemasan Nestle Pure Life dan Ades. Kegiatan PKL terfokus pada analisa penyebab gagal cetak preform menjadi botol kemasan Nestle Pure Life dalam rangkaian produksi baik pada proses heating maupun pada saat proses blowing. Kegagalan cetak preform menjadi botol dikarenakan beberapa faktor mulai manusia, material, metode hingga mesin yang digunakan. Setiap kegagalan yang terjadi tentu menyebabkan kerugian bagi perusahaan sehingga harus dilakukan berbagai hal untuk menyelesaikan permasalahan kegagalan, seperti penggantian lampu heating, pembersihan streching, penggantian nozzle dan melakukan penyortiran preform. Jumlah reject preform putih dalam satu hari mencapai 300, reject botol meletus mencapai 55 dan reject broken ring mencapai jumlah 41.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWibisono, YossiNIDN0029097302
Uncontrolled Keywords: Air Mineral, Kegagalan botol, Reject Preform
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 169 - Ilmu Pangan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Pangan > PKL
Depositing User: PRADIPTA BERIL PRATYARSI
Date Deposited: 06 Sep 2022 03:33
Last Modified: 06 Sep 2022 03:33
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/16030

Actions (login required)

View Item View Item