Fauzi, Achmad Rafik (2022) Produksi dan Pemasaran Mie Korean Spicy dengan Subtitusi Tepung Tapioka. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Ringkasan)
1. ringkasan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (172kB) |
|
Text (Pendahuluan)
bab 1. pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (182kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka (2).pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (409kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
full (2).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Mie adalah produk makanan yang sangat populer di Asia, salah satunya Indonesia. Definisi mie adalah produk makanan yang dibuat dari tepung gandum atau tepung terigu dengan atau tanpa penambahan bahan makanan yang lain dan bahan tambahan makanan yang diijinkan, berbentuk khas mie dan siap dihidangkan setelah dimasak (Anonim, 2005 dalam Andriyani 2008). Untuk mengurangi ketergantungan tepung terigu, Singkong (manihot esculenta crantz) merupakan salah satu komoditi pangan lokal yang dapat dirubah nebjadi tepung tapioka berpotensi untuk mensubtitusi tepung terigu. Dari uraian diatas dapat dilihat beberapa potensi yang dapat digunakan sebagai ide baru seperti mie dengan rasa makanan korea yang memanfaatkan tepung tapioka sebagai bahan pengganti tepung terigu, oleh karena itu dilakukan Proyek Usaha Mandiri (PUM) dengan sebuah inovasi baru yakni mie Korean Spicy dengan subtitusi tepung tapioka. Produk mie Korean spicy dengan subtitusi tepung tapioka dimulai dari pembuatan bahan baku utama agar terjamin kualitas dan keamanannya, pencampuran, penggilingan, hingga mie sudah matang dan siap dipasarkan.Proyek Usaha Mandiri mie Korean Spicy dengan subtitusi tepung tapioka dilaksanakan di rumah Perumnas Ponjen G14, Kencong, Jember mulai bulan minggu kedua april hingga minggu kedua juni 2022. Produk mie Korean Spicy dengan subtitusi tepung tapioka menghasilkan 150 kemasan dalam 15 kali produksi. Setiap produksi menghasilkan 10 kemasan produk yang dijual denganharga Rp. 10.000/kemasan. Metode pemasaran yang digunakan yaitu secarakonvensional dan online. Penjualan mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 502.758,794 dengan laju keuntungan 50,41%. B/C rasio sebesar 1,50 dimana apa bila nilai B/C rasio >1 maka usaha ini layak untuk dijalankan.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 162 - Teknologi Hasil Pertanian | ||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Achmad Rafik Fauzi | ||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2022 04:02 | ||||||
Last Modified: | 29 Aug 2022 04:07 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15934 |
Actions (login required)
View Item |