Perancangan Rencana Induk KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) dan Penerapan Manajemen Pemassaran Produk Agribisnis Sayuran di Kampung SDGs Bangsalsari (Implementasi Program Jember Makmur BAZNAS Jember)

MANGESTI, GETTA HAYYUNING (2021) Perancangan Rencana Induk KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) dan Penerapan Manajemen Pemassaran Produk Agribisnis Sayuran di Kampung SDGs Bangsalsari (Implementasi Program Jember Makmur BAZNAS Jember). [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (29kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (54kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (30kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kampung SDGs Bangsalsari adalah kampung yang terletak di Bangsalsari dan menerapkan program SDGs memanfaatkan lahan pekarangan. Pemanfaatan lahan pekarangan untuk pengembangan pangan rumah tangga merupakan salah satu alternatif kebijakan untuk mewujudkan kemandirian pangan. Jember adalah salah satu daerah yang memiliki nilai Desirable Dietary Pattern (DDP) di bawah Minimum Service Standards (MSS) di bidang ketahanan pangan pada tahun 2015 (Malik, 2019). Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) adalah salah satu upaya agar wilayah Jember khususnya kampung SDGs Bangsalsari menjadi wilayah yang mampu melakukan ketahanan pangan yaitu dengan peningkatan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan beragam, bergizi, seimbang dan amanPengembangan KRPL ini membutuhkan adanya perancangan rencana induk KRPL dan penerapan manajemen pemasaran yang baik dalam menjalankan pemasaran agribisnis sayuran agar dapat dikelola secara efektif . Rancangan rencana induk pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dapat dilakukan melalui tahapan (1) pembentukan kelompok, (2) Identitifikasi kebutuhan, (3) Penyusunan rencana kegiatan (4) pelatihan (5) pengadaan kebun bibit dan pengembangan demplot. Rancangan rencana induk pengembangan krpl secara cepat maka akan mampu memberikan manfaat nyata bagi kebutuhan pangan di kampung SDGs Bangsalsari Jember. Penerapan manajemen pemasaran agribisnis sayuran pada Bangsalsari Farm melalui tahap merencanakan dan menerapkan bauran pemasaran. Tahap penentuan produk adalah produk yang memiliki harga relative konstan yaitu sayur selada.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDjamali, R. AbdoelNIDN0019116603
Uncontrolled Keywords: BAZNAS, Kampung SDGs, Manajemen Pemasaran
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 574 - Pemasaran
Divisions: Program Pascasarjana > Prodi S2 Agribisnis > PKL
Depositing User: Getta Hayyuning Mangesti
Date Deposited: 26 Aug 2022 08:08
Last Modified: 26 Aug 2022 08:09
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15887

Actions (login required)

View Item View Item