Pengaruh Preferensi, Persepsi, Kesadaran Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Yoghurt di Kabupaten Banyuwangi

MANGESTI, GETTA HAYYUNING (2022) Pengaruh Preferensi, Persepsi, Kesadaran Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Yoghurt di Kabupaten Banyuwangi. Masters thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (ABSTRACT)
ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (32kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (48kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (206kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kesadaran akan kesehatan dan perubahan gaya hidup yang meningkat, menyebabkan perubahan signifikan dalam perilaku konsumen terhadap konsumsi makanan sehat dalam beberapa tahun terakhir. Makanan dan minuman fungsional dipromosikan sebagai produk yang memiliki manfaat kesehatan. Yoghurt termasuk produk fungsional yang diperkaya dengan kalsium, serat, dan probiotik. Angka impor yoghurt mengalami peningkatan sebanyak 225,98%, hal ini beriringan dengan peningkatan kebutuhan masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsi yoghurt. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis pengaruh preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian yoghurt, (2) untuk menganalisis pengaruh persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian yoghurt, (3) untuk menganalisis pengaruh kesadaran konsumen terhadap keputusan pembelian yoghurt.Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah preferensi konsumen, persepsi konsumen, kesadaran konsumen, dan keputusan pembelian terhadap yoghurt. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif merupakan metode yang berlandaskan pada filsafat positivisme, dan digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu. Teknik pengambilan sampel menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh diolah menggunakan SEM-PLS. Responden pada penelitian ini merupakan responden yang pernah membeli produk yoghurt. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 100 orang. Responden merupakan konsumen yang sering berbelanja di ritel modern di kota Banyuwangi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa preferensi konsumen terhadap yoghurt dinilai masih cukup rendah. Responden sudah mengetahui bahwa komposisi yang terkandung dalam produk yoghurt penting dalam memutuskan pembelian. Hubungan antara persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian adalah positif. Kesadaran konsumen terhadap keputusan pembelian memiliki pengaruh yang signifikan. Responden sudah mengetahui bahwa yoghurt adalah minuman susu fermentasi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDjamali, R. AbdoelNIDN0019116603
Thesis advisorRizal, RizalNIP. 196906051996031001
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 214 - Teknologi Hasil Ternak
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Getta Hayyuning Mangesti
Date Deposited: 26 Aug 2022 07:11
Last Modified: 26 Aug 2022 07:13
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15835

Actions (login required)

View Item View Item