Produksi dan Pemasaran Stik Ayam Rasa Barbeque

Diantoro, Nur Anggun Mellinia (2022) Produksi dan Pemasaran Stik Ayam Rasa Barbeque. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (187kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (195kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
dapus.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (325kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Produksi dan Pemasaran Stik Ayam Rasa Barbeque, Nur Anggun Mellinia Diantoro, NIM B32191492, Tahun 2022, 99 hlm, Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Ir. Agus Santoso M.Si (Pembimbing). Masyarakat sering mengonsumsi bahan pangan hewani salah satunya adalah daging ayam broiler. Daging ayam broiler banyak mengandung nutrisi seperti protein, lemak, mineral, karbohidrat dan vitamin. Kandungan nutrisi yang tinggi tersebut sangat baik untuk perkembangbiakan mikroorganisme yang menyebabkan kebusukan dan kerusakan. Sehingga perlu dilakukan pengolahan lebih lanjut yang bertujuan untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang menyebabkan kerusakan dan pembusukan pada bahan pangan. Stik adalah jenis makanan ringan yang berbentuk pipih, panjang menyerupai tongkat dan mempunyai tekstur yang renyah, sehingga bahan dasarnya tidak jauh berbeda dari bahan pembuatan kue, sehingga disebut dengan kue stik. Pembuatan stik berbahan dasar tepung terigu, tepung tapioka, lemak, telur dan air, namun pada stik ayam ini terdapat penambahan daging ayam dimana daging ayam tersebut biasanya hanya dijadikan olahan nugget, sosis dan bakso. Maka dengan adanya stik ayam ini dapat memodifikasi stik untuk meningkatkan kandungan gizi yang lebih baik dibandingkan dengan stik yang beredar di pasaran. Stik ayam memiliki rasa gurih yang bisa dikonsumsi setiap saat, baik untuk selingan ketika minum teh atau kopi untuk camilan, serta untuk oleh-oleh atau buah tangan ketika mengunjungi teman atau saudara. Terdiri dari beberapa tahapan dalam proses pembuatan stik ayam rasa barbeque antara lain persiapan alat dan bahan, penimbangan bahan, pencampuran dan pengadukan, penggilingan, pemotongan, penggorengan, pelapisan bumbu barbeque, dan pengemasan. Produksi dan pemasaran stik ayam rasa barbeque dilakukan sebanyak 15 kali produksi dam menghasilkan 165 kemasan. Setiap kali produksi menghasilkan 11 kemasan dengan berat 100 gram. Pemasaran dapat dilakukan secara langsung dengan menawarkan produk kepada konsumen dan secara tidak langsung dengan menggunakan media sosial seperti whatsapp dan instagram. Harga jual produk stik ayam rasa barbeque per kemasan adalah Rp 9.000,- dengan keuntungan yang diperoleh sebesar Rp 416.541,- dan laju keuntungan 39%. Hasil perhitungan R/C ratio adalah 1,39 yang menunjukkan nilai dari R/C ratio >1 sehingga produk stik ayam rasa barbeque layak untuk dijalankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSantoso, AgusNIDN0015086302
Uncontrolled Keywords: Stik, Ayam, Barbeque
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 169 - Ilmu Pangan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Nur Anggun Mellinia Diantoro
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:36
Last Modified: 25 Aug 2022 07:38
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15756

Actions (login required)

View Item View Item