Karakteristik Fisikokimia dan Organoleptik Serbuk Effervescent Jambu Kristal (Psidium Guajava L.) Dengan Variasi Konsentrasi Ekstrak

Lailiah, Nazula Zahrotul Fauzul (2022) Karakteristik Fisikokimia dan Organoleptik Serbuk Effervescent Jambu Kristal (Psidium Guajava L.) Dengan Variasi Konsentrasi Ekstrak. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (77kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
dapus.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (159kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
full.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (764kB) | Request a copy

Abstract

Karakteristik Fisikokimia dan Organoleptik Serbuk Effervescent Jambu Kristal (Psidium Guajava L.) dengan Variasi Konsentrasi Ekstrak, Nazula Zahrotul Fauzul Lailiah, NIM B32191030, Tahun 2022, 56 halaman, Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, M. Ardiyansyah, S. Si., M. Si. (Pembimbing). Serbuk effervescent ekstrak jambu kristal merupakan produk minuman dari buah jambu kristal yang menghasilkan gelembung gas dari reaksi kimia asam dan basa. Potensi peluang bisnis jambu kristal sangat besar dengan permintaan yang cukup tinggi sedangkan suplai dari petani masih terbilang rendah. Salah satu upaya dalam pemanfaatan jambu kristal dengan melakukan pengolahan menjadi serbuk effervescent. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi ekstrak terhadap sifat fisik, kimia dan organoleptik serbuk effervescent ekstrak jambu kristal. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) nonfaktorial dengan variasi konsentrasi ekstrak jambu kristal 5%, 10% dan 15% sebanyak 6 kali ulangan. Analisis yang dilakukan meliputi sifat fisik (waktu larut dan tinggi buih), sifat kimia (kadar air, kadar vitamin c dan pH), dan organoleptik (uji hedonik dan uji mutu hedonik). Data hasil analisa diuji dengan ANOVA menggunakan minitab dilanjutkan dengan uji BNT 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa serbuk effervescent ekstrak jambu kristal memberikan pengaruh berbeda nyata terhadap sifat fisik (waktu larut), sifat kimia (kadar air, kadar vitamin c dan pH) dan organoleptik (uji hedonik dan uji mutu hedonik), sedangkan pada sifat fisik (tinggi buih) memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata. Hasil analisa menunjukan bahwa konsentrasi ekstrak 15% memberikan hasil terbaik dari segi waktu larut (3,46 detik), tinggi buih (1,86 cm), kadar air(0,51%), kadar vitamin c (81,35 mg/ 100 gr bahan), hedonik (aroma = 3,40 dengan arti cukup suka dan rasa = 3,43 dengan arti cukup suka), dan mutu hedonik (aroma = 3,13 dengan arti agak beraroma jambu kristal dan rasa = 3,13 dengan arti sedikit terasa jambu krista dan sedikit asam).

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSurya, M. ArdiansyahNIDK8882110016
Uncontrolled Keywords: Fisiokimia, Organoleptik, Jambu kristal
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 169 - Ilmu Pangan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Nazula Zahrotul Fauzul Lailiah
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:59
Last Modified: 25 Aug 2022 08:00
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15752

Actions (login required)

View Item View Item