Angella, Visca Alfa (2022) Analisis Usaha Nastar Ubi Ungu Selai Cokelat Di Desa Maron Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (100kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (106kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (196kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
D31192095_LAPORAN LENGKAP.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Produk nastar ubi ungu selai cokelat adalah salah satu produk olahan nastar yang dikombinasikan dengan tepung ubi ungu. Nastar umumnya dijadikan sebagai camilan yang disajikan untuk menyambut tamu, keluarga maupun teman yang berkunjung ke rumah di waktu lebaran. Pelaksanaan tugas akhir ini dilakukan di Desa Maron Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar dimulai pada tanggal 5 Februari 2022 sampai dengan 5 Juli 2022. Pelaksanaan tugas akhir ini bertujuan untuk melakukan proses produksi, memasarkan dan melakukan analisis kelayakan usaha pada produk nastar ubi ungu selai cokelat. Alur proses produksi nastar ubi ungu selai cokelat yaitu persiapan alat dan bahan, penimbangan bahan dan pengayakan tepung, pembuatan adonan nastar, pencetakan adonan dan pengisian selai, pengovenan dan pemberian toping, penmbangan dan pengemasan produk, dan yang terakhir yaitu pelabelan produk. Saluran pemasaran yang digunakan yaitu saluran pemasaran secara langsung dari produsen ke konsumen. Metode analisis yang digunakan yaitu BEP (Break Event Point), R/C Ratio (Revenue Cost Ratio) dan ROI (Return On Investment). Dalam tugas akhir ini proses produksi dilakukan sebanyak 5 kali, dalam satu kali produksi menghasilkan 6 toples. Hasil analisis yang didapatkan yaitu BEP (produksi) sebanyak 3,6 toples dari hasil 1 (satu) kali produksi sebanyak 6 toples. BEP (harga) sebesar Rp 16.989,- dengan harga jual Rp 28.000, R/C Ratio sebesar 1,64 dan ROI 8,02% Berdasarkan hasil analisis, maka usaha nastar ubi ungu selai cokelat ini menguntungkan dan layak untuk dijalankan. Pemasaran nastar ubi ungu selai cokelat menggunakan bauran pemasaran 4P (Product, Price, Promotion dan Place). Produk dari tugas akhir ini adalah nastar ubi ungu selai cokelat dengan berat 250 gram per toples. Kegiatan promosi dilakukan dengan cara langsung ke konsumen dan juga melalui media sosial seperti WhatsApp dan Instagram Kata Kunci: Analisis Usaha, Nastar, Ubi Ungu, dan Selai Cokelat
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Usaha, Nastar, Ubi Ungu, dan Selai Cokelat | ||||||
Subjects: | 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Visca Alfa Angella Angella | ||||||
Date Deposited: | 24 Aug 2022 03:49 | ||||||
Last Modified: | 24 Aug 2022 03:50 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15575 |
Actions (login required)
View Item |