Pengaruh Penambahan Nano Kalsium Laktat Kerabang Telur Terhadap kualitas Fisik Daging Ayam Kampung Super Marinasi

Budiman, Subur (2022) Pengaruh Penambahan Nano Kalsium Laktat Kerabang Telur Terhadap kualitas Fisik Daging Ayam Kampung Super Marinasi. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (148kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (162kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full Text Benar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan nano kalsium laktat kerabang telur terhadap kualitas fisik daging ayam kampung super yang dimarinasi bumbu dan rempah lokal. Materi penelitian terdiri dari daging ayam kampung super, gula, garam, lada, cabai bubuk, bawang putih, kayu manis, minyak kelapa sawit, air jeruk nipis, monosodium glutamate, jahe bubuk, dan nano kalsium laktat kerabang telur (NCaL). Perlakuan penambahan NCaL meliputi P0 (0%), P1 (0,15%), P2 (0,3%), P3 (0,45%), dan P4 (0,6%) dari total marinade. Daging ayam kampung super dimarinasi dengan bahan marinade sebanyak 20% dari bobot daging selama 60 menit pada suhu ruang yang kemudian simpan dingin pada suhu 4ºC selama 20 jam. Parameter yang diamati yaitu nilai pH, susut masak, daya ikat air, keempukan, dan drip loss. Setiap perlakuan terdiri dari 3 ulangan. Data hasil uji kualitas fisik dianalisis menggunakan analisis variansi pola searah dan apabila terdapat perbedaan rerata diuji lanjut dengan uji Duncan’s Multiple Range Test. Hasil penelitian menunjukkan penambahan nano kalsium pada daging ayam kampung super yang dimarinasi bumbu dan rempah lokal mempengaruhi nilai pH dan susut masak daging namun tidak mempengaruhi daya ikat air, keempukan, dan drip loss daging. Penambahan nano kalsium laktat kerabang telur pada daging ayam kampung super marinasi tidak berpenggaruh terhadap keempukan daging, namun berpengaruh terhadap nilai susut masak daging hingga ke nilai terendah pada perlakuan 0,6% yaitu (28,89%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHadi Prayitno, AgusNIDN0017088706
Uncontrolled Keywords: Bumbu dan rempah lokal, daging ayam kampung super, marinasi, kualitas fisik, nano kalsium laktat kerabang telur
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 214 - Teknologi Hasil Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D4 Manajemen Bisnis Unggas > Tugas Akhir
Depositing User: Subur Budiman
Date Deposited: 24 Aug 2022 09:25
Last Modified: 24 Aug 2022 09:26
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15521

Actions (login required)

View Item View Item