Trisnawati, Yessy Oky (2022) Analisis Usaha Churros Ubi Ungu Di Desa Luwihaji Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Abstract)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (203kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (207kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (302kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
D31191420_LAPORAN LENGKAP.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Churros adalah makanan ringan yang bahan dasar utamanya dari tepung terigu, mentega, telur, air, gula dan garam. Sedangkan churros ubi ungu merupakan campuran antara tepung terigu dengan ubi ungu sehingga mempunyai cita rasa gurih dan warna ungu yang dapat menarik perhatian konsumen. Pelaksanaan tugas akhir ini dilakukan pada bulan Februari sampai dengan Mei 2022 di Desa Luwihaji Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Tugas akhir ini bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai proses produksi, analisis usaha dan proses pemasaran produk churros ubi ungu. Proses produksi churros ubi ungu dilakukan mulai dari persiapan alat dan bahan, pencucian ubi ungu, mengukus ubi ungu, pengupasan dan penghalusanubi ungu, membuat adonan, pencetakan, penggorengan, penimbangan dan pemberian label. Pemasaran yang diterapkan pada usaha produk churros ubi ungu yakni 4P diantaranya Product (produk), Price (harga), Promotion (promosi), dan Place (saluran pemasaran). Analisis usaha yang digunakan adalah BEP, R/C Ratio dan ROI. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode secara langsung. Metode ini diperoleh dari pencatatan langsung dalam proses produksi dan metode secara tidak langsung yang diperoleh dari kajian pustaka. Produk churros ubi ungu dikemas menggunakan lunch box dan diberi label pada bagian atas kemasan yaitu tutupnya dengan menggunakan stiker berwarna ungu yang berisikan informasi mengenai produk diantaranya: nama produk, berat produk, tempat produksi, nama yang produksi, komposisi serta kontak person. Metode analisis usaha yang digunakan pada usaha churros ubi ungu yaitu BEP, R/C Ratio, dan ROI. Hasil pelaksanaan proses produksi Churros ubi ungu dihasilkan BEP (produk) sebanyak 11,67 kemasan dari total produksi 20 kemasan, BEP (harga) x sebesar Rp 5.836,20 dengan harga jual Rp. 10.000 per kemasan. R/C Ratio sebesar 1,71 dan nilai ROI sebesar 13,86%. Maka usaha ini layak untuk dijadikan usaha.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Usaha Churros Ubi Ungu Di Desa Luwihaji Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro | ||||||
Subjects: | 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Yessy Oky Trisnawati | ||||||
Date Deposited: | 22 Aug 2022 04:31 | ||||||
Last Modified: | 22 Aug 2022 04:32 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15369 |
Actions (login required)
View Item |