Produksi dan Pemasaran Biskuit Tamago Boro Cappucino dengan Isian Rasa Coklat

Andiwijaya, Almer Ega (2022) Produksi dan Pemasaran Biskuit Tamago Boro Cappucino dengan Isian Rasa Coklat. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (201kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
pendahuluan (1).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (321kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (323kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan lengkap.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Produksi dan Pemasaran Biskuit Tamago Boro Cappucino Dengan Isian Rasa Coklat, Almer Ega Andiwijaya, NIM B32191541, Tahun 2022, 48 halaman Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Mokh. Fatoni Kurnianto. S.TP, MP (Dosen Pembimbing) Biskuit sudah diakui secara luas sebagai makanan ringan yang mudah dicerna, rasa enak dan mudah diperoleh sehingga semua orang menyukai produk biskuit. Harganya yang terjangkau membuat biskuit menjadi sangat populer dikalangan masyarakat dari kelas bawah, menengah, hingga atas. Salah satu cara mengembangakan inovasi dari produk biskuit yaitu menambahkan bahan baku maupun varian rasa agar menjadi lebih nikmat dan disukai oleh masyarakat seperti biskuit tamago boro cappucino dengan isian rasa coklat. Biskuit tamago boro cappucino dengan isian rasa coklat adalah biskuit yang berbahan dasar tepung maizena, telur, susu kental manis kemudian dicampur dengan bubuk cappucino dan bahan tambahan pangan lainnya dengan isian rasa coklat yang berada didalamnya. Adapun manfaat dari penambahan bubuk cappucino dan coklat diantaranya dapat membuat suasana hati (moods) menjadi baik/senang. Proses produksi biskuit tamago boro cappucino dengan isian rasa coklat dilaksanakan selama 1 bulan dari bulan mei hingga bulan juni dengan 15 kali produksi yang menghasilkan 150 kemasan. Setiap sekali produksi menghasilkan 10 kemasan dengan berat 200 gram dan dijual dengan harga Rp. 15.000/kemasan. Pemasaran yang dilakukan yaitu secara langsung dan menggunakan media sosial seperti whatsapp dan instagram serta menitipkan ke toko yang cukup ramai pembeli.. Keuntungan yang diperoleh dari penjualan sebesar Rp. 698.748,2 dengan laju keuntungan 45% dan B/C ratio 1,45. Jika B/C rationya lebih dari 1 (>1) dapat dikatakan usaha biskuit tamago boro cappucino dengan isian rasa coklat layak dijalankan. Beradasarkan data yang didapatkan dari para panelis biskuit ini memiliki warna coklat kekukingan, teksturnya empuk dan renyah, aromanya khas biskuit cappucino, dan rasanya manis dan berasa coklat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKurnianto, Mokhamad FatoniNIDN0001057503
Uncontrolled Keywords: Biskuit, Tamago Boro, Coklat
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 169 - Ilmu Pangan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Almer Ega Andiwijaya
Date Deposited: 22 Aug 2022 05:40
Last Modified: 22 Aug 2022 05:40
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15338

Actions (login required)

View Item View Item