Analisis Faktor Penyebab Utama Kerusakan Berkas Rekam Medis Pada Ruang Filing Di Rsup Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Tsaniyah, Rifka Faizatus (2022) Analisis Faktor Penyebab Utama Kerusakan Berkas Rekam Medis Pada Ruang Filing Di Rsup Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (315kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (302kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (422kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
G41180721_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Rekam medis merupakan sarana yang sangat penting dalam sebuah pelayanan kesehatan karena rekam medis berfungsi sebagai sumber informasi dan acuan baik mengenai data sosial, data medis, hingga segala tindakan pengobatan yang diberikan kepada pasien. Oleh karena itu, berkas rekam medis wajib disimpan dan dijaga kerahasiaannya oleh dokter atau dokter gigi dan pimpinan sarana pelayanan kesehatan. Berdasarkan hasil PKL yang dilakukan pada tanggal 10 Januari - 25 Maret 2022 di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten, diketahui terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rusaknya dokumen rekam medis di ruang filing. Dapat disimpulkan bahwa kerusakan rekam medis disebabkan oleh beberapa faktor berdasarkan unsur 5M, yaitu : Unsur Man : Pengetahuan petugas : Tergolong standar, dikarenakan seluruh petugas filing mempunyai lulusan pendidikan minimal D3 Rekam Medis. Kedisiplinan petugas : Masih tergolong kurang, karena tidak semua petugas di filing melaksanakan penggantian map berkas yang rusak secara langsung akan tetapi mengganti jika terdapat kelonggaran waktu. Kegiatan pelatihan petugas : Belum pernah diadakannya kegiatan pelatihan terkait pemeliharaan rekam medis. Unsur Machine : Penyimpanan dokumen di roll o’pack yang sudah terlalu menyempit. Unsur Method : Belum tersedianya SOP pemeliharaan rekam medis dan kegiatan penyusutan. Unsur Material : Keadaan map sudah cukup melindungi namun sempitnya rak penyimpanan dikarenakan sudah penuh. Unsur Money : Tidak ada permasalahan karena untuk anggaran dana untuk rekam medis yang berupa map di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten sudah mencukupi.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSuyoso, Ganda Eko JuliantoNIDN198507082019031009
Uncontrolled Keywords: Analisis Faktor Penyebab Utama Kerusakan Berkas Rekam Medis Pada Ruang Filing Di Rsup Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 351 - Kesehatan Masyarakat
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Rifka Faizatus Tsaniyah
Date Deposited: 19 Aug 2022 03:34
Last Modified: 19 Aug 2022 03:34
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15247

Actions (login required)

View Item View Item