Aktivitas Menangani Check-In dan Check Out di Ijen View Hotel Resort & Resto Bondowoso

Maulina, Risma (2022) Aktivitas Menangani Check-In dan Check Out di Ijen View Hotel Resort & Resto Bondowoso. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (187kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (196kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (184kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Risma Maulina_Laporan PKL fix - Copy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Politeknik Negeri Jember (Polije) merupakan salah satu perguruan tinggi vokasi yang terletak di Kabupaten Jember. Sebagai perguruan tinggi vokasi, Polije menyelenggarakan pendidikan yang mengarahkan proses belajar mengajar pada tingkat keahlian, keterampilan dan standar kompetensi spesifik yang dibutuhkan sektor industri dan stakeholder. Sistem pendidikan yang diberikan berbasis pada peningkatan keterampilan sumber daya manusia dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan keterampilan dasar yang kuat, sehingga lulusannya mampu mengembangkan diri dalam menghadapi perubahan lingkungan, serta memiliki kemandirian dalam berkarya dan berwirausaha berdasar ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Pendidikan vokasi ini bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menetapkan keahlian dan keterampilan di bidangnya, siap kerja dan mampu bersaing secara global. Politeknik Negeri Jember sebagai perguruan tinggi vokasi mewajibkan mahasiswanya untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapang (PKL). Dengan adanya Praktik Kerja Lapang, mahasiswa diharapkan memperoleh keterampilan kognitif, afektif, serta psikomotorik yang meliputi keterampilan fisik, intelektual, sosial, dan manajerial. Pelaksanaan kegiatan PKL bagi mahasiswa dapat menerapkan keterampilan dan pengetahuan yang telah didapat selama kegiatan perkuliahan di kampus. Mata kuliah yang telah dipelajari selama perkuliahan, antara lain English for Hotel and Restaurant, English for Secretary, English for Business, English for Guiding, Public Speaking, dan Kesekretarisan. Sehingga pengetahuan dan keterampilan yang telah didapat tersebut dapat berguna dalam menyelesaikan serangkain tugas yang diberikan selama kegiatan PKL. Penulis telah melaksanakan PKL selama 5 bulan di Ijen View Hotel Resort & Resto Bondowoso. Pelaksanaan PKL dimulai pada tanggal 1 September 2021 hingga 31 Januari 2022. Dalam pelaksanaannya, penulis telah melakukan serangkaian kegiatan selama program PKL didua department yakni, Front Office Department dan Sales & Marketing Department di Ijen View Hotel Resort & Resto. Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan penulis di department Front Office adalah menyambut tamu, menangani reservasi, menangani proses check in dan check out, dan menerima telepon. Sedangkan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan di department Sales & Marketing adalah mengisi Calendar Event, menerima telepon, menerima tamu, membuat BEO (Banquet Event Order), membuat surat ijin acara, menangani acara, dan membuat contract rate. Penulis mendapatkan kesempatan lebih dalam ketika menjadi respsionis dalam hal menangani proses check-in dan check-out yang merupakan ilmu baru bagi penulis. Karena hal inilah penulis menjadi lebih memahami proses check-in dan check-out secara nyata khususnya di Ijen View Hotel Resort & Resto. Terdapat beberapa tahapan yang bisa dikatakan berhasil dalam proses check-in dan check-out. Untuk proses check-in dimulai dari greeting, proses registrasi, tamu membayar deposit hingga kunci diserahkan kepada tamu dan untuk proses check-out dimulai dari konfirmasi ke roomboy, mencetak semua bukti tagihan, setelah pembayaran tagihan selesai mengucapkan terimakasih dan selamat jalan. Dari kegiatan magang yang telah dilaksanakan, penulis mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang sangat bermanfaat. Penulis bisa belajar menghadapi masalah dan menemukan solusi yang tepat dari bimbingan para senior. Mereka mengajarkan tentang bagaimana menjadi staf hotel yang baik dan professional. Penulis belajar tentang kerjasama tim yang baik dan membangun hubungan yang erat antara semua staf di hotel. Praktik Kerja Lapang ini akan sangat berguna bagi penulis sebagai bekal dalam dunia kerja nantinya.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIsmailia, TitikNIDN0027027403
Subjects: 500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 530 - Ilmu Bahasa Asing > 531 - Sastra (dan Bahasa) Inggris
Divisions: Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D3 Bahasa Inggris > PKL
Depositing User: Risma Maulina
Date Deposited: 19 Aug 2022 06:34
Last Modified: 19 Aug 2022 06:37
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15222

Actions (login required)

View Item View Item