Proses Pengepresan RSS (Ribbed Smoked Sheet) Menggunakan Mesin Press Hydrolic di Pabrik Pengolahan RSS PTPN XII Kebun Kalirejo, Glenmore, Banyuwangi

Anggi Rosita, Evi Julia (2021) Proses Pengepresan RSS (Ribbed Smoked Sheet) Menggunakan Mesin Press Hydrolic di Pabrik Pengolahan RSS PTPN XII Kebun Kalirejo, Glenmore, Banyuwangi. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (19kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (215kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
B31191870_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan Praktik Kerja Lapang bertujuan untuk, Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman kerja bagi mahasiswa mengenai kegiatan perusahaan/industri, Melatih berfikir kritis terhadap perbedaan atau kesenjangan yang dijumpai di lapangan,mengembangkan keterampilan di bidang keteknikan pertanian. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan praktik kerja lapang (PKL) adalah observasi lapang, penerapan kinerja dengan mengikuti aktivitas yang ada di PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Kalirejo, studi pustaka dan penyusunan laporan. Kegiatan yang dilakukan selama PKL meliputi Penyadapan, Penerimaan Lateks, Pembekuan/pengolahan lateks, Penggilingan Sheet, Pengasapan, dan Sortasi. Pengepresan adalah pembentukan kubus sheet yang sudah disortasi mutu RSS1, RSS2, RSS3 dan Cutting. Tujuan dari pengepresan untuk menyusun sheet menjadi kotak persegi agar dapat memudahkan dalam proses pengemasan. Mesin pengepresan di pabrik pengolahan RSS (Ribbed Smoked Sheet) PTPN XII Kebun Kalirejo ada tiga macam yaitu mesin press hidrolic big bale, mesin press hidrolic small bale dan mesin press manual cutting terdapat dua buah. Mekanisme kerja dari pengepresan dimulai dari penimbangan sesuai dengan kemasan (big bale dan small bale). Big bale dengan ukuran berat 113 kg dan small bale dengan ukuran 33,333 kg dan 35 kg. Proses selanjutnya pengepakan dengan menata sheet di box untuk memudahkan dalam pengepresan. Setelah melalui proses pengepresan, hasil pengepresan kemudian dibegel minimal selama 24 jam.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSaleh, Anang SupriadiNIDN004126703
Uncontrolled Keywords: Proses Pengepresan, Mesin Press Hydrolic
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > PKL
Depositing User: Evi Julia Anggi Rosita
Date Deposited: 18 Aug 2022 02:13
Last Modified: 18 Aug 2022 07:40
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15097

Actions (login required)

View Item View Item