Produksi dan Pemasaran Stik Buah Naga

Rahmadhani, Nurhakim Candra (2022) Produksi dan Pemasaran Stik Buah Naga. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (45kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (175kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka (2).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (303kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Produksi Dan Pemasaran Stik Buah Naga, Nurhakim Candra Rahmadhani, NIM B32191416, Tahun 2022, 49 halaman, Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Irene Ratri Sasmita, S.TP, MP. (Pembimbing) Stick adalah makanan ringan atau camilan dengan aroma cukup kuat, teksturnya renyah, berbentuk batang panjang dan dengan warna kuning cerah. stik merupakan salah satu makanan ringan atau jenis kue kering dengan bahan dasar tepung terigu, tepung tapioka atau tepung sagu, lemak, telur serta air, yang berbentuk pipih panjang. Cara pemasakkannya adalah dengan cara digoreng. Stik mempunyai rasa gurih serta bertekstur renyah. Proses produksi Stik Buah Naga terdiri dari beberapa tahapan yaitu Persiapan alat dan bahan, penimbangan bahan, pengekstrakan buah, pemcampuran dan pembuatan adonan, pemipihan adonan, pencetakan, penggorengan, penirisan, pengemasan dan pelabelan. Proses produksi diawali dengan tahap pra produksi sebagai acuan dalam pelaksanaan produksi. Pada formulasi ke-1 menggunakan tepung tapioka sebanyak 300g dan susu cair. Pada formulasi ke 2 teping tapioka dikurangi menjadi 100g dan susu bubuk. Formulasi yang digunakan pada proses produksi adalah formulasi yang ke 2. Analisis sensoris atau uji organoleptik menggunakan 25 orang panelis tidak terlatih. Uji yang digunakan adalah uji mutu hedonik dan uji hedonik meliputi sebagian atribut penilaian, antara lain yaitu warna, aroma, rasa, dan tekstur. stik buah naga diproduksi sebanyak 15 kali selama bulan Mei - Juni, dalam 1 kali produksi menghasilkan jumlah akhir 1 kg stik buah naga. Stik buah naga dikemas menggunakan standing pouch berisi 100gr/kemasan. Proyek Usaha Mandiri (PUM) stik buah naga dilaksanakan selama 15 kali produksi. Produk yang dihasilkan selama 15 kali produksi sebanyak 150 kemasan. Harga jual produk sebesar Rp 8000 per kemasan. Total biaya produksi sebesar Rp 904.616, pendapatan yang diperoleh sebesar Rp 1.200.000, memiliki laju keuntungan 32,65% BEP Produksi sebesar 44 kemasan, BEP Rupiah sebesar Rp. 318.930 dan R/C Ratio 1,32 sehingga layak untuk dilanjutkan karena nilai R/C Ratio >1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSasmita, Irene Ratri AndiaNIDN0702119102
Uncontrolled Keywords: Stik, Buah Naga
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 169 - Ilmu Pangan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan (Bondowoso) > Tugas Akhir
Depositing User: Nurhakim Candra Rahmadhani
Date Deposited: 18 Aug 2022 03:55
Last Modified: 18 Aug 2022 03:55
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15071

Actions (login required)

View Item View Item