Teknik Aplikasi POC Cangkang Telur Ayam Terhadap Produksi Tanaman Kacang Tanah di Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan

Dharmawan, Muhammad Helmy (2022) Teknik Aplikasi POC Cangkang Telur Ayam Terhadap Produksi Tanaman Kacang Tanah di Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (87kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (195kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (189kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
A42180355_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy

Abstract

Praktek Kerja lapang (PKL) merupakan implementasi dari proses sesungguhnya berdasarkan praktek yang didapatkan selama perkuliahan. Melalui Praktek Kerja Lapang (PKL) ini diharapkan setiap mahasiswa dapat mengasah skill. Pemilihan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan Malang sebagai tempat praktik kerja lapang (PKL) karena terdapat kesesuaian antara bidang ilmu yang ditekuni mahasiswa selama perkuliahan. Banyaknya masyarakat yang menggunakan telur sebagai bahan masakan, sehingga tidak jarang banyak dijumpai limbah cangkang telur ayam yang tidak dimanfaatkan dan menimbulkan bau tidak sedap yang dapat mengganggu kelestarian lingkungan. Padahal cangkang telur ayam dapat dimanfaatkan pada hal yang positif apabila dikelola dengan benar, salah satunya digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk organik cair (POC). Kurangnya jumlah produksi kacang tanah di Indonesia salah satunya disebabkan oleh permasalahan budidaya yaitu polong hampa (cipo) yang cukup besar, sehingga ukuran biji yang diharapakn kurang optimal (Anis, 2021). Ca rendah pada tanah khususnya pada fase pembentukan polong mengakibatkan polong kurang bernas dan polong hampa, sehingga perlu tambahan perlakuan pemupukan unsura hara Ca untuk mencukupi kebutuhan tanaman kacang tanah. Praktek ini bertujuan untuk mengetahui apakah POC cangkang telur ayam ini dapat memberikan dampak yang baik terhadap produksi kacang tanah, yang tinggi akan unsur Ca untuk memenuhi kebutuhan makanan pada vase pengisian polong pada umur 50 HST. Kesimpulan akhir mahasiswa mampu dan kompeten dalam hal penegatahuan, keterampilan, dan kewirausahaan serta lebih kritis dalam menghadapi persoalan, mahasiswa mampu dan kompeten mengenai teknik membuat POC cangkang telur ayam, aplikasi POC cangkang telur ayam berpengaruh terhadap produksi kacang tanah, selisih berat biji kering dengan kacang tanah tanpa menggunakan POC yaitu sejumlah 540kg/ha, budidaya kacang tanah tanpa perlakuan maupun dengan perlakuan pemberian POC cangkang telur ayam dapat dikatakan menguntungkan namun tidak layak untuk dilanjutkan karena memiliki nilai B/C ratio yang rendah atau kurang dari angka 1.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWidodo, Tirto WahyuNIDN0017129203
Uncontrolled Keywords: POC Cangkang Telur Ayam
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 169 - Ilmu Pangan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > PKL
Depositing User: Muhammad Helmy Dharmawan
Date Deposited: 19 Aug 2022 03:44
Last Modified: 19 Aug 2022 03:45
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15049

Actions (login required)

View Item View Item