Perancangan sop (standard operating procedure) pada Produksi benih jagung manis (zea mays Saccharata l.) Di cv. Benih primadona Kencana kabupaten jember

Hasanah, Ulfatul (2019) Perancangan sop (standard operating procedure) pada Produksi benih jagung manis (zea mays Saccharata l.) Di cv. Benih primadona Kencana kabupaten jember. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
8. ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (77kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
15. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (100kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (84kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
24. D41150017_SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menyusun dan merancang standard operating procedure (SOP) pada proses produksi benih jagung manis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memotret keseluruhan komponen yang berhubungan dan menjabarkan sesuatu dengan cara mendeskripsikan, mencatat, menganalisis serta menginterpretasikan kondisi proses produksi pembuatan benih jagung manis. Kegiatan penelitian ini menggunakan teori grounded research yang berdasarkan pada fakta atau keadaan nyata yang ada dilapangan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner terbuka, selanjutnya hasil dari kuesioner ini dicatat dalam suatu log book atau buku catatan. Obyek peneltian ini adalah CV. Benih Primadona Kencana yang berada di Desa Pancakarya Kecamatan Ajung Kabupaten Jember dan perusahaan ini bergerak di bidang pertanian yang memproduksi benih jagung manis. Kualitas benih merupakan salah satu bagian terpenting dari tingkat keberhasilan budidaya jagung manis, oleh karena itu diperlukan SOP dalam menjalankan proses produksi. Penelitian ini menghasilkan usulan perbaikan dalam bentuk format narasi dan format flowchart yang berfungsi untuk meningkatkan pengendalian internal perusahaan. Proses produksi terdiri dari 9 tahapan, dimana terjadi 40% permasalahan yang terjadi dalam proses produksi dan dapat diminimalisir menjadi 5% setelah dilakukan penerapan SOP. Dengan adanya SOP dapat menjadi pedoman dalam melakukan kegiatan operasional sehingga proses produksi dapat berjalan dengan baik dan benar. Kata kunci: Benih Jagung Manis, Standard Operating Procedure (SOP)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRujito, HariNIP195408161987031002
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 15 Aug 2022 09:12
Last Modified: 15 Aug 2022 09:12
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/15020

Actions (login required)

View Item View Item