Efek konsumsi sari semangka (citrullus lunatus) Jeruk siam (citrus nobilis) terhadap kadar Asam urat penderita hiperurisemia Di puskesmas kraksaan Probolinggo

WULAN SARI, DESY (2019) Efek konsumsi sari semangka (citrullus lunatus) Jeruk siam (citrus nobilis) terhadap kadar Asam urat penderita hiperurisemia Di puskesmas kraksaan Probolinggo. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
15. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (101kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (105kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
41. SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
08. ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (72kB)

Abstract

Hiperurisemia merupakan suatu keadaan meningkatnya kadar asam urat dalam darah di atas batas normal. Purin merupakan suatu zat yang terkandung didalam setiap bahan makanan yang terdapat pada tubuh makhluk hidup serta zat purin akan berpindah kedalam tubuh makhluk hidup yang memakan makhluk hidup lainnya. Hiperurisemia terjadi akibat peningkatan produksi asam urat, penurunan eksresi asam urat, serta gabungan antara keduanya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Efek Konsumsi Sari Semangka Jeruk Terhadap Kadar Asam Urat Penderita Hiperurisemia Di Puskesmas Kraksaan Probolinggo. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan rancangan penelitian pre test and post test control group design. Teknik pengambilan subjek adalah purposive sampling dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 42 responden penderita hiperurisemia yang dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama dengan mengkonsumsi sari semangka jeruk sebanyak 252 ml yang mengandung 31,25 mg dengan perbandingan buah semangka 125 gram dan jeruk 125 gram yang diberikan 2 kali dalam sehari. Kelompok kedua merupakan kelompok kontrol yang tidak diberikan pemberian. Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah Uji Wilcoxon, uji Mann-Whitney, dan uji Anakova. Terdapat efek konsumsi sari semangka jeruk terhadap kadar asam urat responden laki-laki dengan mengalami penurunan sebanyak 1,0 (0,0 – 1,0) mg/dl dan nilai p = 0,027 (p < 0,05), sedangkan pada responden perempuan mengalami penurunan sebanyak 1,0(0,0– 2,0) mg/dl dan nilai p=0,000 (p<0,05) setelah mengkonsumsi sari semangka jeruk dua kali sehari. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat efek konsumsi sari semangka jeruk terhadap kadar asam urat penderita Hiperurisemia. Kata Kunci: Hiperurisemia, Kadar Asam Urat, Sari Semangka Jeruk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSuryana., M.Kes., Arinda LironikaNIDN0017088501
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 354 - Ilmu Gizi
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Gizi Klinik > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:40
Last Modified: 15 Aug 2022 04:41
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14972

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item