Produksi dan Pemasaran Sus Kering Substitusi Pisang Raja

Marpaung, Denabel Yehovana Regita (2022) Produksi dan Pemasaran Sus Kering Substitusi Pisang Raja. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (88kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (45kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
DENA LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pisang Raja (Musa paradisiaca L. var sapientum) merupakan salah satu jenis pisang yang sering dikonsumsi di Indonesia dan mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap seperti karbohidrat, mineral, vitamin A, vitamin C, vitamin B6, pektin, dan kadar air yang tinggi. Pisang raja dapat dimakan langsung maupun diolah. Untuk menambah nilai ekonomis dan memperluas pemanfaatan pisang raja sebagai bahan makanan lain diperlukan adanya inovasi yang bervariasi, salah satunya adalah sus kering. Sus kering merupakan kue kering yang berbahan dasar tepung terigu, margarin, air, garam, baking powder, dan telur. Sus kering biasanya dijadikan suguhan tamu maupun camilan ringan. Rasanya yang enak dan teksturnya yang ringan membuat sus kering disukai berbagai kalangan usia. Tujuan dilakukan Proyek Usaha Mandiri (PUM) pada produksi sus kering substitusi pisang raja untuk mengetahui pembuatan sus kering substitusi pisang raja yang baik dan benar, menganalisi biaya, kelayakan usaha, serta strategi pemasaran produk yang efektif. Proses pembuatan produk sus kering substitusi pisang raja ini diawali dengan persiapan alat dan bahan, penimbangan bahan, pencampuran bahan, pemixeran bahan, pencetakan adonan, pengisian selai, dan pengemasan serta pelabelan. Formulasi yang digunakan yaitu 120 gram tepung terigu, 30 gram pisang raja, 100 gram margarin, 250 ml air, 2 gram garam, 2 gram baking powder, dan 3 butir telur, serta menggunakan selai pisang sebagai isiannya. Produk sus kering pisang raja ini mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 1. 535.095,- , laju keuntungan 69,30% dan R/C ratio 1,69, dimana nilai R/C ratio >1 yang artinya usaha ini menguntungkan dan layak sebagai peluang usaha baru. Sedangkan proses pemasaran yang efektif dilakukan secara online dengan menggunakan media whatsapp, instagram, dan shopee sebagai media pemasaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHandayani, Anna MardianaNIDN0413118801
Uncontrolled Keywords: Pisang Raja, Sus Kering
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Denabel Yehovana Regita Marpaung
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:36
Last Modified: 15 Aug 2022 07:36
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14599

Actions (login required)

View Item View Item