Produksi Dan Pemasaran Kue Kembang Goyang Aneka Rasa

Cahyani, Aqila Sekar (2022) Produksi Dan Pemasaran Kue Kembang Goyang Aneka Rasa. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (202kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (207kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (325kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kue kembang goyang merupakan kue tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan dasar tepung beras. Kue kembang goyang memiliki rasa enak yaitu perpaduan rasa manis dan gurih yang seimbang, beraroma harum khas kue kembang goyang, berwarna kuning keemasan dan memiliki tekstur renyah dan kering. Asal dari kue kembang goyang ini adalah masyarakat Betawi, penyebarannya mengikuti berpindahnya penduduk Betawi atau keturunannya. Bentuk kue kembang goyang seperti kelopak bunga sesuai dengan cetakan yang digunakan. Pencetakan terjadi pada saat penggorengan dengan deep fyring. Rasa yang monoton membuat kebosanan bagi para konsumen penikmat kembang goyang, sehingga salah satu upaya untuk menarik minat masyarakat untuk mengkonsumsi kue kembang goyang ini adalah dengan menambahkan berbagai macam rasa Metode pelaksanaan dilakukan dengan diawali tahap survei pasar, pra produksi, produksi dan analisa kelayakan usaha. Parameter yang diamati meliputi pengawasan mutu bahan baku, pengawasan mutu proses produksi, uji organoleptik, jumlah produk terjual dan lama penjualan produk. Proses produksi kue kembang goyang aneka rasa terdiri dari beberapa tahap diantaranya persiapan alat dan bahan baku, penimbangan bahan baku, pencampuran adonan, penyaringan, pencetakan dan penggorengan, penirisan, pengemasan dan pelabelan. Metode pemasaran yang digunakan yaitu pemasaran secara langsung melalui Cash On Delivery dan Door to door dan pemasaran tidak langsung atau online via whatsapp dan Instagram. Kue kembang goyang aneka rasa ini dilakukan selama 2 bulan dengan kemampuan produksi sebanyak 15 kali produksi. Setiap kali produksi mampu menghasilkan 12 kemasan sehingga total kemasan selama 15 kali produksinya menghasilkan sebanyak 180 kemasan yang berisi 75gr/ kemasan dengan harga jual Rp.8.000/ kemasan. Total biaya produksi Rp.984.846, dan mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 455.136 dengan laju keuntungan 46%, serta R/C ratio sebesar 1,46.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRakhmadevi, Ade GaluhNIDN0017127707
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Aqila Sekar Cahyani
Date Deposited: 11 Aug 2022 02:52
Last Modified: 11 Aug 2022 02:52
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14539

Actions (login required)

View Item View Item