Aplikasi Augmented Reality Sebagai Penunjang Pembelajaran Pengenalan Organ Tubuh Manusia Untuk Siswa Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus Mi Al-Hikmah Kabupaten Banyuwangi)

Apriliya, Ratih Cahyani (2022) Aplikasi Augmented Reality Sebagai Penunjang Pembelajaran Pengenalan Organ Tubuh Manusia Untuk Siswa Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus Mi Al-Hikmah Kabupaten Banyuwangi). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan Ratih Cahyani Apriliya.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (288kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Ratih Cahyani Apriliya.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (302kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Ratih Cahyani Apriliya.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (497kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Ratih Cahyani Apriliya_E31191660_Tugas Akhir-ditandatangani-1-80.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Aplikasi Augmented Reality Sebagai Penunjang Pembelajaran Pengenalan Organ Tubuh Manusia Untuk Siswa Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus Mi Al-Hikmah Kabupaten Banyuwangi), Ratih Cahyani Apriliya, NIM E31191660, Tahun 2022, Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember, Wahyu Kurnia Dewanto, S.Kom, MT (Pembimbing). Perkembangan teknologi saat ini tidak dapat dihindari lagi, teknologi tersebut sangat cepat sehingga telah memasuki segala bidang kehidupan termasuk di bidang pendidikan. Pada pendidikan sekolah dasar siswa cenderung tertarik dengan hal-hal yang terkait permainan atau game dan pembelajaran dengan contoh nyata atau objek 3D yang dapat dilihatnya secara langsung. Sehingga siswa lebih mudah mengerti dan memahaminya. Dengan memberikan permainan edukatif, siswa dapat memahami dan menerima isi materi dengan mudah yang terdapat pada permainan tersebut. Sedangkan pada dunia pendidikan di Indonesia saat ini, pembelajaran yang digunakan pada siswa sekolah dasar menggunkan pembelajaran yang terpusat pada guru dan media pembantu seperti buku dan alat peraga. Seperti contoh pada salah satu pelajaran IPA (Ilmu Pengtahuan Alam) pada kurikulum pendidikan madrasah ibtidaiyah kelas 5, tentang materi pengenalan system organ tubuh manusia, siswa menerima materi hanya dari buku serta penjelasan guru. Hal tersebut dirasa kurang menari perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran yang berlangsung. Augmented reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua maupun tiga dimensi kedalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu menempatkan benda maya tersebut dalam waktu nyata. Dengan menggunakan media tersebut yang sudah di lengkapi dengan bentyk gambar 3D, penjelasan mengenai objek serta game edukasi yang dapat memungkinkan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik perhatian. ix PRAKATA Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT at

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDewanto, Wahyu KurniaNIDN0008047103
Uncontrolled Keywords: augmented reality, sistem organ tubuh, ar, ilmu pengetahuan alam
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Ratih Cahyani Apriliya
Date Deposited: 08 Aug 2022 13:34
Last Modified: 08 Aug 2022 13:36
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14393

Actions (login required)

View Item View Item