Aplikasi Belajar Tasrif Metode Al Bidayah Berbasis Web

Yulianto, Ahmad Catur (2022) Aplikasi Belajar Tasrif Metode Al Bidayah Berbasis Web. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (101kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (33kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
C_E31191894_Ahmad Catur Yulianto_Laporan Akhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

\Menurut banyak orang mempelajari Ilmu Nahwu masih membingungkan pada saat ini, karena merupakan salah satu ilmu yang paling sulit untuk dipelajari, harus mempelajari tentang kaidah-kaidah Bahasa Arab. Sharaf adalah salah satu ilmu yang berurusan dengan perubahan bentuk kata-kata dalam Bahasa Arab. Bahkan, perubahan kata dalam bahasa Arab dikenal dengan tashrif.Salah satu metode belajar nahwu sharaf adalah metode Al Bidayah yang dicetak dalam sebuah buku Teori Dasar Nahwu dan Sharaf ditulis oleh ustadz KH. Abdul Kharis M. Ag dan diterapkan di Pondok Al Bidayah Jember. Dalam belajar tashrif sangat dibutuhkan guru yang berkualitas dalam mengajarkan sharaf atau tasrif supaya seseorang mudah dan bisa dalam belajar tashrif atau sharaf. Disini terdapat permasalahan ketika seseorang yang ingin beljar sendiri kemungkinan akan mendapatkan sedikit permasalahan yaitu kebingungan dan kesulitan dalam mentashrif sebuah fiil. Dari permasalahan diatas maka dibuatlah Aplikasi Belajar Tasrif Metode Al Bidayah Berbasis Web, Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan seseorang dalam mempelajari ilmu Syaraf. Dengan dibuatnya aplikasi ini diharapkan dapat memberi kemanfaatan dan kemudahan dalam mempelajari tashrif bagi seseorang yang ingin belajar. Sistem informasi dibuat dengan menggunakan metode waterfall. Metode ini memiliki beberapa tahapan utama yaitu analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, dan pengujian sistem yang dilakukan. Aplikasi ini dirancang untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh orang-orang yang mengalami kesulitan belajar Tashrif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorArifin, SyamsulNIDN0015068202
Uncontrolled Keywords: belajar, tasrif, istilahi, lughawi, fi'il, web, ci, codeinigter, framework, bootstrap, quiz, tashrifan, website, nahwu, sharaf
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 461 - Sistem Informasi
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: AHMAD CATUR YULIANTO
Date Deposited: 04 Aug 2022 06:09
Last Modified: 09 Aug 2022 06:38
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14326

Actions (login required)

View Item View Item