Pembuatan Aplikasi Game Visual Novel Dengan Menggunakan Game Maker Studio 2 Bertema RPG “Myth Of Southern Seas” (Sub: Controller & Story)

Julystio, Farhan (2022) Pembuatan Aplikasi Game Visual Novel Dengan Menggunakan Game Maker Studio 2 Bertema RPG “Myth Of Southern Seas” (Sub: Controller & Story). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (204kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (314kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (412kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan ilmu teknologi hari demi hari menunjukan perkembangan teori-teori baru diberbagai bidang, salah satunya adalah teknologi “game”. Terbukti dengan banyaknya perusahaan pengembang game di Amerika, Jepang, dan Eropa. Di Indonesia untuk jumlah konsumsi game, masih terhitung tinggi, terutama game console. Di Game Visual Novel ini memiliki tingkat interaksi dengan pemain yang paling minimalis. Saat bermain, biasanya muncul paragraf berupa narasi, atau dialog tokoh, yang disertai ilustrasi karakter dan latar belakang tempat. Role Playing Game (RPG) adalah game yang memiliki unsur cerita yang kompleks dan seni peran yang membuat seseorang merasa seperti menjadi seorang tokoh pada game tersebut. Maka Dibuatlah Aplikasi Game suatu game yang di mana game tersebut bergenre visual novel dan RPG menjadi satu game yaitu "Myth Of Southern Seas" dengan berbasis desktop atau PC. Peneliti menemukan bahwa Game visual novel dan RPG untuk anak muda di era modern sekarang ini tidak mengetahui cerita rakyat dari negaranya sendiri yaitu Indonesia, Hal tersebut dapat membuat perilaku anak muda sekarang tidak memiliki tata krama dan sopan santun, maka dari itu dibuatlah game tersebut menceritakan tentang legenda cerita rakyat di Indonesia. Dengan begitu cerita rakyat atau cerita legenda jaman dahulu tidak mudah terlupakan dan dapat memahami hal-hal apa saja yang boleh dilakukan maupun tidak boleh dilakukan saat berada di lingkungan masyarakat dan juga menjahui kegiatan yang negatif dan serta harus sopan dalam bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorEly, MulyadiNIDN0017067306
Uncontrolled Keywords: game, rpg, visual novel, cerita rakyat
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Farhan Julystio ( HanLysT )
Date Deposited: 04 Aug 2022 05:05
Last Modified: 04 Aug 2022 05:06
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/14136

Actions (login required)

View Item View Item