Efektifitas Keseluruhan (Overall Equipment Effectiveness) pada Proses Pengolahan Tahu: di Desa Traktakan Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso

Pertiwi, Dwi Ayu (2022) Efektifitas Keseluruhan (Overall Equipment Effectiveness) pada Proses Pengolahan Tahu: di Desa Traktakan Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (12kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (129kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan Sumber Sari di desa Traktakan yang berada di kabupaten Bondowoso merupakan salah satu perusahaan yang sudah sejak tahun 1984 memproduksi tahu .Tahu merupakan produk oalahan bahan pangan dari biji kedelai. Tahu dibuat dari proses koagulasi kedelai yang digumpalkan dan diperas untuk mendapatkan sarinya. Peralatan yang digunakan pada proses pengolahan tahu bersifat manual hingga semi otomatis. Seiring dengan berkembangnya teknologi di indonesia, persaingan industri tentunya juga semakin tinggi. Salah satunya persaingan dalam industri bidang pangan, banyaknya industri penyedia bahan pangan tentunya akan meningkatkan persaingan yang semakin ketat. setiap perusahaan atau industri harus memperhatiakan efektifitas dan meningkatkan produktifitas untuk menghasilkan produk oalahan yang terbaik dan berkualitas tinggi. OEE (Overall Equipment Effectiveness) atau efektifitas keseluruhan merupakan suatu perhitungan yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas mesin dan peralatan yang tersedia pada sebuah industri atau manufaktur. Keuntungan yang didapat dari perhitungan tersebut bukan hanya untuk mengetahui efektifitas pada mesin dan peralatan tetapi juga untuk mengidentifikasi kerugian secara finansial dan juga untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi efektifitas produksi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghitung efektifitas serta produktivitas mesin dan peralatan yang ada pada produksi tahu dan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi efektifitas produksi. Parameter yang akan diamati pada penelitian ini adalah lama jam kerja, waktu istirahat (istirahat makan dan istirahat jangka panjang), waktu alat mesin tidak beroprasi atau tidak digunakan, kapasitas kerja mesin dalam menghasilkan produk, total produksi (jumlah pieces) dan jumlah produksi yang rusak. Dari hasil perhitungan nilai OEE pada proses pengolahan tahu di perusahaan sumber sari kecamatan Traktakan kabupaten Bondowoso didapatkan nilai availability 94%, nilai performance 80%, nilai Quality 99%, dan nilai OEE 74%. Dari perolehan nilai OEE tersebut diperlukan beberapa upaya untuk meningkatkan tingkat efektifitas pada proses produksi baik dari faktor manusia, mesin, dan lingkungan produksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSaleh, Anang SupriadiNIDN004126703
Uncontrolled Keywords: OEE (Overall Equipment Effectiveness), pengolahan tahu
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 432 - Teknik Produksi (dan Atau Manufakturing)
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > Tugas Akhir
Depositing User: Dwi Ayu Pertiwi
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:59
Last Modified: 01 Aug 2022 01:59
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13878

Actions (login required)

View Item View Item