Penerapan Data Mining Asosiasi Untuk Mengetahui Pola Pembelian Dan Meningkatkan Strategi Penjualan Pada Bisnis Usaha Tanaman Hias Menggunakan Algoritma ECLAT

Laily, Emilia Efatul (2022) Penerapan Data Mining Asosiasi Untuk Mengetahui Pola Pembelian Dan Meningkatkan Strategi Penjualan Pada Bisnis Usaha Tanaman Hias Menggunakan Algoritma ECLAT. Undergraduate thesis, POLITEKNIK NEGERI JEMBER.

[img] Text (Ringkasan)
Laporan Skripsi-Emilia Efatul Laily-Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (149kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Laporan Skripsi-Emilia Efatul Laily-Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (176kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Skripsi-Emilia Efatul Laily-Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Laporan Skripsi-Emilia Efatul Laily-Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (172kB)

Abstract

Metode asosiasi merupakan metode untuk melihat pola yang sering muncul didalam suatu data transaksi dengan ketentuan nilai minimum support dan minimum confidence. Agar memudahkan pencarian pola yang sering terjadi didalam sebuah data yang besar, maka memerlukan suatu algoritma yang dapat membantu proses pencarian dengan cepat. Algoritma ECLAT merupakan salah satu algoritma pencarian yang dapat menambang itemset yang sering muncul didalam data transaksi dan ditulis kedalam vertikal format. Dengan begitu, metode asosiasi dan algoritma ECLAT saling berhubungan dalam pencarian pola dari data transaksi. Algoritma ECLAT melakukan pencarian pola kemudian dianalisa dengan metode asosiasi menggunakan ketentuan nilai minimum support dan minimum confidence, untuk mengetahui korelasi serta tingkat kepercayaan hubungan antar item pada suatu pola didalam data transaksi. Penelitian ini bermaksud memanfaatkan data mining asosiasi dengan algoritma ECLAT untuk menemukan informasi penting dari data transaksi pada usaha tanaman hias, dengan melihat pola pembelian pelanggan dari data transaksi diharapkan dapat membantu pemilik usaha dalam mengetahui tanaman apa saja yang sering dibeli, yang nantinya dapat dijadikan dasar dalam meningkatkan strategi penjualan dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian dari pengujian kepada seluruh dataset dengan jumlah 495 data, menggunakan nilai minimum support 10 dan minimum confidence 0,50 menghasilkan rule sebanyak 2 rule asosiasi berkorelasi positif. Sedangkan untuk minimum support 3 dan minimum confidence 0,50 menghasilkan 4 rule asosisasi berkorelasi positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAtmadji, Ery Setiyawan JullevNIDN0010078903
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Emilia Efatul Laily
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:12
Last Modified: 22 Jul 2022 07:13
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13667

Actions (login required)

View Item View Item