Produksi Dan Pemasaran Tahu Sari Kedelai Dengan Penambahan Susu Sap

Efendi, Rahmatul Retha (2022) Produksi Dan Pemasaran Tahu Sari Kedelai Dengan Penambahan Susu Sap. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (213kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (335kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (221kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
B32191136_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tahu merupakan olahan makanan yang diperoleh dari kacang kedelai yang memiliki nilai gizi tinggi. Produk tahu memiliki peran yang penting dalam sumber protein nabati yang kaya akan manfaat. Tetapi dengan berkembangnya cara pandang masyarakat, maka masyarakkat menginginkan suatu pangan inovasi yang sudah ada menjadi produk dengan tekstur dan rasa yang sedikit berbeda. Dengan adanya permasalahan ini akan lebih mudah untuk mengetahui suatu usaha yang akan dikembangkan yaitu dengan menambahkan susu sapi kedalam pembuatan tahu dari susu kedelai, penambahan yang dilakukan untuk membuat rasa, aroma, tekstur dan kenampakan tahu sedikit berbeda dari tahu yang diolah dari sari kedelai. Maka terciptalah suatu inovasi produk yaitu tahu sari kedelai dengan penambahan susu sapi.. Tujuan dilakukannya Proyek Usaha Mandiri (PUM) untuk mengetahui teknik produksi tahu sari kedelai dengan penambahan susu sapi yang optimal, mengetahui kelayakan usaha produksi tahu sari kedelai dengan penambahan susu sapi, mengetahui daya terima produk tahu sari kedelai dengan penambahan susu sapi dan mengetahui strategi pemasaran yang baik untuk usaha produksi tahu sari kedelai dengan penambahan susu sapi. Produksi dan Pemasaran Tahu Sari Kedelai dengan Penambahan Susu Sapi menghasilkan 225 kemasan dalam 15 kali produksi. Satu kali produksi dapat menghasilkan 15 dan dijual dengan harga Rp 11.200 perkemasan. Metode pemasaran yang dilakukan menggunakan pemasaran langsung dan juga pemasaran tidak langsung. Pemasaran secara langsung dilakukan dengan cara menjual produk secara online dan konvensional dan pada pemasaran tidak langsung dengan cara menitipkan produk ke warung terdekat. Total biaya produksi sebesar Rp1.909.490,58, pendapatan yang diperoleh sebesar ix Rp2.520.000, memiliki laju keuntungan 31,97%, BEP Produksi sebesar 8 kemasan, BEP Rupiah sebesar Rp91.064, dan B/C Ratio 1,31 sehingga layak dijadikan peluang usaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBakri, AbiNIDN1962121219890301003
Uncontrolled Keywords: Produksi Dan Pemasaran Tahu Sari Kedelai Dengan Penambahan Susu Sapi
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 161 - Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi)
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Rahmatul Retha Efendi Efendi
Date Deposited: 25 Jul 2022 07:46
Last Modified: 25 Jul 2022 07:46
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13647

Actions (login required)

View Item View Item