Produksi Dan Pemasaran Donat Dengan Penambahan Pasta Wortel

Surya, Anindya Millenovinta (2022) Produksi Dan Pemasaran Donat Dengan Penambahan Pasta Wortel. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
RINGKASAN (2).pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (182kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1_PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (188kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA1fix.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (306kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
TA LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu makanan kecil yang cukup populer di masyarakat adalah donat. Donat bayak dijadikan sebagai makanan selingan yang mengenyangkan dan memiliki variasi rasa dari taburan di atasnya seperti gula halus, disiram cokelat cair, maupun ditaburi cokelat butir. Saat ini donat yang banyak dijual dipasaran kurang berinovasi sehingga banyak masyarakat yang sedikit bosan. Maka dipilihlah sayuran wortel sebagai bahan tambahan pada donat, karena selama ini wortel hanya diolah sebagai sayuran saja dan kurangnya produk olahan yang terbuat dari wortel sehingga tingkat konsumsi wortel di jawa timur sangat rendah. Salah satu kandungan di dalam wortel yaitu vitamin A untuk membantu menjaga kesehatan mata. Proyek Usaha Mandiri (PUM) ini bertujuan untuk mengetahui proses produksi donat dengan penambahan pasta wortel, mengetahui perhitungan analisa kelayakan usaha produksi donat dengan penambahan pasta wortel, mengetahui strategi pemasaran produk donat dengan penambahan pasta wortel. Produksi donat dengan penambahan pasta wortel dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2022 di Sidoarjo. Metode pelaksanaan dilakukan dengan diawali tahap survei pasar, pra produksi, produksi dan analisa kelayakan usaha. Parameter yang diamati meliputi pengawasan mutu bahan baku, pengawasan mutu proses produksi, uji organoleptik, jumlah produk terjual dan lama penjualan produk. Donat dengan penambahan pasta wortel setiap 1 kali produksi menghasilkan 27 kemasan sehingga dalam 15 kali produksi menghasilkan 405 kemasan dengan harga jual Rp3.000 per kemasan, keuntungan yang diperoleh sebesar Rp480.717, memiliki laju keuntungan 65%, R/C Ratio 1,65 sehingga layak dijadikan peluang usaha. Metode pemasaran yang dilakukan menggunakan pemasaran langsung (door to door) dan pemasaran tidak langsung (WhatsApp dan Instagram).

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorS, Irene Ratri AndiaNIDN0702119102
Uncontrolled Keywords: donat, wortel
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 435 - Teknik Industri
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Anindya Millenovinta Surya
Date Deposited: 26 Jul 2022 01:44
Last Modified: 26 Jul 2022 01:45
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13641

Actions (login required)

View Item View Item