Penerapan Metode Quality Function Deployment (QFD) Pada Perbaikan Kualitas Tape Produksi Rayhan Madu Di Desa Klungkung Kabupaten Jember

Kumalasari, Novi (2022) Penerapan Metode Quality Function Deployment (QFD) Pada Perbaikan Kualitas Tape Produksi Rayhan Madu Di Desa Klungkung Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (182kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (188kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (308kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
B32191027_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan Metode Quality Function Deployment (QFD) Pada Perbaikan Kualitas Tape Produksi Rayhan Madu di Desa Klungkung Kabupaten Jember, Novi Kumalasari, NIM B32191027, Tahun 2022, 56 halaman, Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Ade Galuh Rakhmadevi, S.TP, MP (Pembimbing). Tape merupakan produk olahan pangan hasil fermentasi yang terbuat dari singkong dengan rasa manis, tekstur agak keras hingga lunak serta bau yang khas. Industri pengolahan tape singkong umumnya dikelola pengrajin rumah tangga yang ada di pedesaan. Tape menjadi salah satu makanan tradisional yang banyak dicari oleh wisatawan ketika berkunjung di Jember. Tape Rayhan Madu adalah produk home industry yang cukup lama dikelola oleh pemilik usahanya. Persaingan pasar yang semakin meningkat menjadi salah satu alasan tape produksi Rayhan Madu agar perlu melakukan peningkatan kualitas produk. Penelitian ini menggunakan metode Quality Fynction Deployment (QFD) guna menerjemahkan kebutuhan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kriteria atribut mutu tape produksi Rayhan Madu yang sesuai dengan harapan konsumen, serta untuk mengetahui atribut mutu dan respon teknis mana saja yang perlu diperbaiki pada pembuatan tape produksi Rayhan Madu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut mutu tape produksi Rayhan Madu yang sesuai harapan konsumen meliputi warna, aroma, rasa, tekstur, harga produk, informasi produk, kemudahan memperoleh produk, dan promosi. Dalam hal ini, atribut mutu yang menjadi prioritas untuk dilakukan perbaikan adalah pada dimensi performa meliputi atribut warna, rasa, dan tekstur sedangkan pada dimensi pelayanan meliputi kemudahan memperoleh produk dan promosi. Respon teknis yang menjadi prioritas pertama dan memerlukan perbaikan adalah proses pengemasan dengan nilai 6,12 dan prioritas kedua pada proses peragian dengan nilai 5,27. Perbaikan atribut mutu dan respon teknis ditujukan agar tape produksi Rayhan Madu dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen sehingga dapat lebih bersaing di pasaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRakhmadevi, Ade GaluhNIDN0017127707
Uncontrolled Keywords: tape, kualitas, quality function deployment (QFD)
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 169 - Ilmu Pangan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Novi Kumalasari
Date Deposited: 22 Jul 2022 03:13
Last Modified: 22 Jul 2022 03:14
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13615

Actions (login required)

View Item View Item