Analisis Usaha Telur Gabus Ubi Ungu Di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember

Aisya, Aisya (2022) Analisis Usaha Telur Gabus Ubi Ungu Di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Asbtrak)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (184kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (186kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (400kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31192305_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kue telur gabus ubi ungu merupakan inovasi terbaru untuk meningkatkan nilai jual terhadap ubi ungu yang memiliki nilai jual rendah. Ubi ungu dengan ciri khas warnanya yang keunguan sering dimanfaatkan sebagai bahan tambahan makanan ringan. Salah satunya ditambahkan pada jenis makanan ringan yang banyak dikenal sebagai kue telur gabus. Tujuan tugas akhir ini mampu melakukan proses produksi kue telur gabus ubi ungu; mampu menganalisis kelayakan usaha kue telur gabus ubi ungu; mampu melakukan pemasaran kue telur gabus ubi ungu. Tempat pelaksanaan tugas akhir ini berada di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember selama 4 bulan mulai dari 01 Februari 2022 hingga bulan 31 Mei 2022. Tugas akhir ini menggunakan dua saluran yaitu secara langsung dan tidak langsung. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis BEP, R/C Ratio, dan ROI. Hasil perhitungan kelayakan usaha diperoleh nilai BEP produksi sebesar 37,56 kemasan dari jumlah produksi 50 kemasan dan BEP Harga sebesar Rp 5.259,20 per kemasan dengan harga jual sebesar Rp 7.000 per kemasan; nilai R/C ratio sebesar 1,33; serta nilai ROI sebesar 11,84% Berdasarkan ketiga analisis tersebut maka usaha kue telur gabus ubi ungu di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember menguntungkan dan layak diusahakan. Saluran pemasaran yang digunakan yaitu saluran pemasaran secara langsung dan tidak langsung. Kata Kunci : BEP, Kue Telur Gabus, R/C Ratio, ROI, Ubi Ungu

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMalika, Uyun ErmaNIDN0008018802
Uncontrolled Keywords: BEP, Kue Telur Gabus, R/C Ratio, ROI, Ubi Ungu
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Aisya Aisya
Date Deposited: 18 Jul 2022 03:20
Last Modified: 18 Jul 2022 03:20
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13515

Actions (login required)

View Item View Item