Sistem Informasi Maintenance dan Service (C-Mash) Berbasis Website Pada Berkah Abadi Motor

Tiyas, Nih Latulia Rohmah (2022) Sistem Informasi Maintenance dan Service (C-Mash) Berbasis Website Pada Berkah Abadi Motor. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN TA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (191kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (197kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (309kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
E31190397_NIH LATULIA ROHMAH TIYAS_MIF_LAPORAN LENGKAP TA 2022-1-77.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Bengkel merupakan suatu usaha jenis wirausaha kecil dan menengah yang bergerak di bidang jasa pelayanan perbaikan baik itu sepeda motor atau mobil, lebih dari itu bengkel juga melakukan jasa penjualan spare part guna mengganti kebutuhan spare part yang rusak. Salah satu bengkel motor yang bergerak dalam bidang jasa servis dan penjualan spare part sepeda motor adalah bengkel Berkah Abadi Motor. Banyak badan usaha yang memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan produktifitas dan efisiensi pekerja dalam menangani bidang usaha. Bengkel Berkah Abadi Motor adalah bengkel motor yang menawarkan jasa perawatan servis dan penjualan spare part motor. Proses memasukkan data, pencarian data akan mempunyai resiko kesalahan yang cukup tinggi apalagi dalam menangani data-data yang cukup besar. Proses pencarian data dengan cara konvensional akan memerlukan waktu yang lama. Dalam usaha yang telah besar, kesalahan kecil tersebut dapat mengakibatkan kerugian yang besar terhadap bidang usaha. Untuk mengatasi masalah perawatan dan servis pada bengkel, diperlukan suatu sistem yang terkomputerisasi. Pada perawatan terdapat fitur berupa penjadwalan servis rutin sebagai pengingat untuk pelanggan dengan memanfaatkan media whatsapp yang dilakukan oleh admin. Selain masalah perawatan juga terdapat servis yang dilakukan oleh dua pengguna yaitu pelanggan dan admin. Pelanggan dapat melakukan pemesanan servis dan mengisikan keluhan yang dialami oleh kendaraan melalui website yang selanjutnya dikonfirmasi oleh admin. Admin dapat melakukan pencatatan data penjualan spare part yaitu sistem kasir serta mengelola layanan service, sparepart, transaksi, penjadwalan, laporan, verifikasi booking. Sehingga sistem informasi perawatan dan servis ini mampu mengatasi permasalahan pada bengkel Berkah Abadi Motor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHusin, HusinNIDN0002078803
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Waterfall, Service, Website, Midtrans, Bengkel
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 577 - Manajemen Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Nih Latulia Rohmah Tiyas
Date Deposited: 11 Jul 2022 03:02
Last Modified: 11 Jul 2022 03:02
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/13345

Actions (login required)

View Item View Item