Diputra, Candra Dwi Cahya (2019) PROSES FABRIKASI BODYKIT PADA KENDARAAN RODA EMPAT DI KUPU-KUPU MALAM AUTO CUSTOM & FASHION YOGYAKARTA. [Experiment] (Unpublished)
Text (Ringkasan)
04. HALAMAN RINGKASAN (edit).pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (88kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
08. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (161kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (118kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
H42151015_Laporan Lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Proses Fabrikasi Pada Kendaraan Roda Empat Di Kupu-kupu Malam Auto Custom & Fashion Yogyakarta, Candra Dwi Cahya D., NIM. H42151015, Tahun 2020, 31 hlm., Teknik, Mesin Otomotif, Politeknik Negeri Jember, Aditya Wahyu Pratama, ST,MT. (Dosen Pembimbing Utama) dan Mochamad Irwan Nari,ST,MT. (Dosen Pembimbing Kedua). Pelaksanaan Praktek Kerja Lapang (PKL) ini dilaksanakan di Kupu-kupu Malam Auto Custom & Fashion Yogyakarta yang beralamatkan di Jalan Kabupaten KM 3,5 50A Sleman Yogyakarta.Tujuan umum dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapang (PKL) ini adalah meningkatkan wawasan mahasiswa tentang proses fabrikasi pada kendaraan roda empat dan memahami perbedaan ilmu yang telah didapat diperkuliahan serta penerapan langsung di lingkungan pabrik/perusahaan. Berdasarkan Praktek Kerja Lapang (PKL) yang dilaksanakan di Kupu-kupu malam yang merupakan perusahaan pengrajin mobil terkenal di Yogyakarta khususnya di bidang jasa modifikasi mobil maupun pembuatan mobil.Kupu-kupu malam auto custom & fashion sudah berdiri selama kurang lebih 14 tahun dan sudah mengahsilkan banyak produk yang berkualitas yang dapat bersaing di dunia otomotif. Kegiatan di di Kupu-kupu malam auto custom & fashion terdapat tahapan modifikasi mobil diantaranya penerimaan pesanan yang bertujuan agar semua kegiatan didalam perusahaan berjalan dengan baik dan terencana dilakukan oleh bagian administrasi,Bongkar pasang bertugas untuk melepas dan memasang komponen interior maupun exterior kendaraan.Terdapat delapan divisi untuk kebutuhan modifikasi yaitu, divisi pengelasan,divisi fiber.divisi karbon fiber,divisi dempul,divisi,pengecatan,dan divisi poles. Pada bodykit dari bahan fiberglass kita dapat berkreasi sendiri dengan custom sesuai keinginan sehingga pilihan model tidak terbatas. bodykit dari bahan fiberglass memiliki cetakan, barang yang dihasilkan tidak berat. Apabila terkena hantaman, fiberglass lebih mudah diperbaiki dengan cara ditembel sehingga kembali seperti semula. Harga bodykit dari bahan fiberglass cukup terjangkau. Untuk terlihat lebih kinclong dan cerah pengecatan bodykit harus memiliki keahlian khusus karena bodykit berbahan fiberglas tidak memiliki pori-pori. Fabrikasi yaitu proses pembuatan produk jadi dengan menggabungkan atau merakit barang-barang tertentu yang sifatnya beragam, dimana barang dibuat dari bahan baku mentah atau setengah jadi bukan dari komponen yang siap pakai. Proses fabrikasi bodykit ada beberapa tahap yaitu mulai dari persiapan alat dan bahan, molding, penutupan cetakan menggunakan lakban coklat, pemberian wax, pelapisan lapisan pertama (resin, talk, piqmen warna, katalis), penutupan lapisan pertama menggunakan fiberglass / mat, dan pelapisan terakhir (resin dan katalis).
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain) | ||||||
Divisions: | Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL | ||||||
Depositing User: | Candra Dwi Cahya Diputra | ||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2020 22:32 | ||||||
Last Modified: | 03 Feb 2021 07:20 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/1316 |
Actions (login required)
View Item |