JOB SAFETY ANALYSIS UNTUK PENGENDALIAN RESIKO KERJA DALAM PERBAIKAN SISTEM PROPULSI DI PT ADILUHUNG SARANASEGARA INDONESIA

Alhumaydi, RB (2022) JOB SAFETY ANALYSIS UNTUK PENGENDALIAN RESIKO KERJA DALAM PERBAIKAN SISTEM PROPULSI DI PT ADILUHUNG SARANASEGARA INDONESIA. [Experiment] (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (189kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (289kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (318kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pengendalian Job Safety Analysis Untuk Pengendalian Resiko Kerja Dalam Perbaikan Sistem Propulsi Di PT Adiluhung Saranasegara Indonesia, RB. Alhumaydi, H42180372, Tahun 2022, 61 Halaman, Program Studi Mesin Otomotif, Jurusan Teknik, Politeknik Negeri Jember. Adityo, ST, MT. PT Adiluhung Saranasegara didirikan pada tahun 1992 untuk mendukung transportasi laut secara nasional dan untuk merespon tingginya kebutuhan jasa perbaikan kapal dan kapasitas pembangunan kapal baru. Pada bulan September tahun 2007, PT Adiluhung Saranasegara menjadi bagian dari pelayanan PT Dharma Lautan Utama (DLU Maintenance Facility) yaitu sebagai fasilitas perawatan dan perbaikan armada kapal PT Dharma Lautan Utama guna menunjang transportasi laut. Peningkatan kapasitas pembangunan baru, reparasi kapal dan rekayasa umum, fasilitas dan peralatan, PT Adiluhung Saranasegara juga sangat mengutamakan keselamatan kerja guna menunjang keamanan dan keselamtan kerja bagi pegawai dan juga konsumen. Keselamatan kerja adalah kondisi dimana para pekerja selamat, tidak mengalami kecelakaan dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya .Salah satu metode yang digunakan untuk menganalisis suatu kecelakaan kerja adalah Job Safety Analysis. Job Safety Analysis adalah suatu teknik yang dipakai untuk menganalisis suatu pekerjaan secara sistematis untuk bisa mengenali bahaya disetiap langkahnya sehingga bisa dikembangkan solusi untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Teknik ini disebut sebagai langkah preventif untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Resiko kecelakaan kerja perbaikan Propulsi di PT Adiluhung Saranasegara Indonesia yang dominan adalah resiko ekstrim dan resiko tinggi. Resiko tinggi dan ekstrim lebih banyak dikarenakan perbaikan Propulsi menggunakan alat berat dan tempat perbaikan pelepasan propeller sampai shaft propeller sangat minim keamanan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAdityo, AdityoNIDN0015098105
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: RB. Alhumaydi
Date Deposited: 17 Jun 2022 02:41
Last Modified: 17 Jun 2022 02:42
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/12599

Actions (login required)

View Item View Item