PENGARUH UMUR TANAMAN DENGAN PEMBERIAN PACLOBUTRAZOL DAN PEMANGKASAN TUNAS AIR TERHADAP HASIL DAN MUTU BENIH MENTIMUN HIBRIDA (Cucumis sativus L.)

Ahmad, Nizar Saifulloh (2022) PENGARUH UMUR TANAMAN DENGAN PEMBERIAN PACLOBUTRAZOL DAN PEMANGKASAN TUNAS AIR TERHADAP HASIL DAN MUTU BENIH MENTIMUN HIBRIDA (Cucumis sativus L.). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
07. ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (187kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
15. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (101kB)
[img] Text (Full Text)
22. A41161389_LAPORAN SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (213kB)

Abstract

RINGKASAN Evaluasi Penerapan Good Farming Practices (GFP) Pada Domba Lokal Di Ud.Peternakan Boerstud Kambing Burja, Malang, Ivan leonardi, NIM C31191332, Tahun 2022, 57 halaman, Peternakan, Politeknik Negeri Jember, Dyah Laksito Rukmi, S.Pt, M.Si (Dosen Pembimbing). Domba lokal merupakan salah satu ternak potong yang selama ini banyak memberikan sumbangan untuk memenuhi kebutuhan protein hewani. Agar usaha penggemukan domba mencapai hasil yang optimal diperlukan pedoman budidaya beternak yang baik. Good Farming Practices (GFP) merupakan panduan cara beternak yang baik dan benar yang memfokuskan pada sarana dan proses produksi. UD.Peternakan Boerstud Kambing Burja, malang merupakan perusahaan swasta yang bergerak dibidang penggumakan dan pembibitan domba potong. Penerapan GFP menjadi hal yang sangat diutamakan bagi perusahaan ini untuk meningkatkan produktivitas domba potong yang dihasilkan. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan yaitu dimulai pada 10 Oktober 2021 sampai 31 Desember 2021 di UD.Peternakan Boerstud Kambing Burja, Malang. Penerapan GFP yang akan di kaji meliputi 2 aspek yaitu sarana dan proses produksi. Metode yang digunakan berupa wawancara dan pengamatan. Data yang diperoleh dianalisis secara diskriptif. UD.Peternakan Boerstud Kambing Burja, Malang dalam menjalankan usaha penggemukan domba telah menerapkan aspek GFP yang baik. Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di antaranya peyediaan air yang selalu telat pada ternak, dan sanitasi pada kandang yang tidak terjadwal sebagaimana mestinya. Kesuksesan dalam tercapainya penerapan GFP dapat dilihat dari sedikitnya ternak yang terkena penyakit yang berada dalam kandang. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan good farming practices di UD.Peternakan Boerstud Kambing Burja, Malang sudah sesuai dengan standart GFP. Ditinjau dari segi aspek sarana menunjukkan nilai tertimbang sebesar 85,04%, dan nilai pada aspek proses produksi nilai tertimbang sebesar 83,75%. Saran sebaiknya air minum yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan ternak merupakan air sumur, penerapan biosekuriti di UD.Peternakan Boerstud Kambing Burja, Malang diterapkan untuk mengurangi resiko ternak terkena penyakit, UD.Peternakan Boerstud Kambing Burja, Malang sebaiknya membangun pagar setinggi >3m mengelilingi area kandang untuk mencegah binatang liar dari luar, dan dilengkapi CCTV untuk meningkatkan keamanan, diperlukan alat pencukur bulu domba untuk mempermudah penanganan. penyemprotan desinfektan sebaiknya terjadwal, memastikan hewan liar tidak masuk ke kandang, pemberian pagar listrik mengelilingi area peternakan, pemberian CCTV dan tenaga keamanan (satpam), alat pencukur bulu domba belu domba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSri, RahayuNIDN0004095907
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 162 - Teknologi Hasil Pertanian
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Benih > Tugas Akhir
Depositing User: Theresia
Date Deposited: 30 May 2022 07:11
Last Modified: 30 May 2022 07:11
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/12437

Actions (login required)

View Item View Item