Pasca Panen Benih Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) Varietas Tala 1 di Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Muneng Probolinggo

Nabila, Rosyida Fathin (2022) Pasca Panen Benih Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) Varietas Tala 1 di Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Muneng Probolinggo. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (859kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (881kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (861kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang (PKL) adalah kegiatan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan yang sudah diperoleh di dunia perkuliahan. PKL yang dilaksanakan di IP2TP Muneng berfokus pada pengembangan dan produksi komoditas akabi salah satunya adalah kacang tanah varietas tala 1. Kacang tanah (Arachis hypogaea L.) adalah tanaman yang berasal dari daerah Brazilia, kacang tanah ditanam pada lahan kering. Kacang tanah dapat digunakan sebagai olahan bahan pangan karena memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai pengganti protein, sehingga dibutuhkan benih bermutu untuk menghasilkan tanaman berproduksi tinggi yang mampu mencukupi kebutuhan kacang tanah dengan teknik budidaya dan penanganan pasca panen yang tepat. Pasca panen adalah serangkaian kegiatan setelah panen yang meliputi pengeringan, perontokan, pembersihan dan sortasi, pengemasan, dan penyimpanan benih. dalam menghasilkan benih bermutu tinggi perbaikan mutu fisik, mutu fisiologis, dan mutu genetik dilakukan selama penanganan pasca panen karena benih dapat mengalami deteriorasi yang mengakibatkan turunnya viabilitas dan vigor benih. Berdasarkan hasil kegiatan PKL yang telah dilaksanakan di IP2TP Muneng penanganan pasca panen perlu dilakukan untuk menjaga mutu benih kacang tanah sampai ditanam pada musim selanjutnya.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKurniasari, LeliNIDN0015078604
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 166 - Teknologi Pasca Panen
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > PKL
Depositing User: Rosyida Fathin Nabila
Date Deposited: 22 Apr 2022 03:54
Last Modified: 28 Apr 2022 01:31
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/12118

Actions (login required)

View Item View Item