Proses Produksi dan Pengendalian Mutu Roti Manis (Topping Cokelat) di Teaching Factory Bakery and Coffee Upt.Pengolahan dan Pengemasan Produk Pangan Politeknik Negeri Jember

Savitri, Nada Meta Dwi Proses Produksi dan Pengendalian Mutu Roti Manis (Topping Cokelat) di Teaching Factory Bakery and Coffee Upt.Pengolahan dan Pengemasan Produk Pangan Politeknik Negeri Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
LAPORAN PKL NADA META FIX-5-6.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (19kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
LAPORAN PKL NADA META FIX-12-15.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (154kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
LAPORAN PKL NADA META FIX-57.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (126kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
ilovepdf_merged (8).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

UPT Pengolahan dan Pengemasan Produk Pangan Politeknik Negeri Jember merupakan unit perusahaan yang didirikan oleh Politeknik Negeri Jember yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman yang memiliki berbagai macam produk makanan dan minuman seperti roti,kopi,dawet susu,edamame,air mineral sampai olahan jamur tiram seperti kaldu dan bumbu pecel. UPT. Pengolahan dan Pengemasan Produk Pangan terdiri dari empat (4) Tefa, yaitu : Tefa Pengalengan Pangan dan Air Kemasan, Tefa Bakery and Coffeee, Tefa Resto Kemuning dan Outlet, Rotografur Printing Coverting. Pemilihan TEFA Bakary and cofee sebagai tempat PKL dikarenakan kesesuaian materi-materi perkuliahan dan praktikum yang dapat dikuasai oleh mahasiswa. Teaching factory bakary and coffe UPT. Pengolahan dan Pengemasan Produk Pangan Politeknik Negeri Jember memberikan kesempatan bagi mahasiswa PKL untuk mengetahui sistem produksi roti hingga pengemasannya. Jenis roti yang diproduksi diantaranya roti tawar,roti kering,dan roti manis. Kegiatan praktik kerja lapang (PKL) ini dilaksanakan dibagian ruang produksi roti tersebut. Metode yang digunakan yaitu dengan mengumpulkan data-data primer maupun skunder. Data-data primer diperoleh dari pengamatan dan wawancara secara langsung di lapangan, sedangkan data skunder diperoleh dari catatan- catatan produksi yang di miliki Teaching factory bakary and coffe UPT. Pengolahan dan Pengemasan Produk Pangan Politeknik Negeri Jember dan pustaka. Roti manis merupakan salah satu jenis roti yang mempunyai citarasa yang manis yang menonjol serta bertekstur empuk dengan atau tanpa isi. Roti manis toping cokelat adalah roti manis yang diberi topping cokelat dan taburan kacang tanah, roti manis topping cokelat ini merupakan salah satu roti manis yang banyak diminati (best seller) karena rasanya yang enak perpadu antara coklat dan kacang. Pembuatan roti manis melalui 11 tahapan yaitu, persiapan bahan baku, penimbangan bahan, mixing, fermentasi, penimbangan adonan, pembulatan adonan, pembentukan dan pengisian adonan, peletakkan adonan dalam loyang, proofing, pemanggangan, pendinginan dan pengemasan. Pengawasan mutu pada proses produksi roti manis bertujuan agar produk akhir yang dihasilkan sesuai dengan spesifikasi produk dan standart yang ditetapkan sehingga akan terjadi peningkatan kualitas produk akhir.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKurnianto, Mokhamad FatoniNIDN0001057503
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Mutu, Roti Manis, Teaching Factory Bakery and Coffe
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 169 - Ilmu Pangan
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > PKL
Depositing User: Nada Meta Dwi Savitri
Date Deposited: 23 Mar 2022 01:41
Last Modified: 23 Mar 2022 01:42
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/11763

Actions (login required)

View Item View Item