Perawatan dan Pemeriksaan Bulanan Main Generator Pada Sistem Transmisi Elektrik Lokomotif Seri CC 201

Prasetyo, Wildan (2021) Perawatan dan Pemeriksaan Bulanan Main Generator Pada Sistem Transmisi Elektrik Lokomotif Seri CC 201. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (85kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (179kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (87kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
H42172242_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB) | Request a copy

Abstract

Praktik Kerja Lapang (PKL) adalah kegiatan mahasiswa untuk belajar secara langsung di perusahaan atau industri lainya, yang diharapkan dapat menjadi tempat pengembangan keterampilan dan keahlian pada diri mahasiswa. Kegiatan Praktik Kerja Lapang ini dilaksanakan di PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember selama 1 bulan, mulai dari awal bulan Desember sampai dengan akhir bulan Desember 2020. Tujuan dari Praktik Kerja Lapang ini adalah untuk mempelajari dan mempraktikkan bagaimana cara Perawatan Komponen Sistem Transmisi Elektrik diantaranya yaitu Main Generator. Pada Dipo Lokomotif Daop 9 Jember sendiri, terdapat program perawatan bulanan lokomotif yang diadakan secara rutin. Mulai dari perawatan harian dan perawatan bulanan. Sebelum melaksanakan pemeriksaan harian dan bulanan pada lokomotif, semua petugas melaksanakan apel pagi yang dipimpin oleh KUPT (Kepala Unit Pelaksana) Dipo Lokomotif. Setelah melaksanakan apel pagi, seluruh karyawan Dipo Lokomotif Daop IX Jember melaksanakan evaluasi kegiatan yang telah dilakukan Kemudian kepala ruas pemeliharaan membagikan Check Sheet ke setiap bagian pengawas devisi. Motor diesel yang digunakan pada lokomotif berjumlah 8 silinder, dengan langkah 4 siklus langkah kerja, susunan silinder v, 45 0 diameter bore 9 inch (228,60 mm), panjang langkah kompresi 12,7 : 1, RPM Idle 440, RPM Full 1050, firing order 1R-1L-2R-2L-4R-4L-3R-3L. Motor diesel yang digunakan pada lokomotif Diesel Elektrik CC201 dan CC 203 buatan GE bertipe 7FDL8 yang artinya sebagai berikut : (1) 7 : GE Mechanical, (2) F : 9 inch bore, 10,5 inch stroke, (3) D : Diesel Engine, (4)L : Locomotive Aplication, dan (5) 8 : Jumlah Silinder.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSuranto, Dwi DjokoNIDN0023066107
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Wildan Prasetyo
Date Deposited: 21 Mar 2022 03:30
Last Modified: 21 Mar 2022 03:31
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/11473

Actions (login required)

View Item View Item