Proses Perawatan dan Pemeriksaan Sistem Alat Tolak Tarik di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP IX Jember Sub Depo Ketapang

Hidayatullah, Rifal Fajri (2021) Proses Perawatan dan Pemeriksaan Sistem Alat Tolak Tarik di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP IX Jember Sub Depo Ketapang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
04.RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (70kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
09.BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (81kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
FULL LAPORAN PKL RIFAL FAJRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PT. Kereta api Indonesia persero merupakan sebuah alat transportasi antar wilayah. Kereta sering digunakan sebagai jasa alat transportasi massa. tidak hanya digunakan sebagai alat transportasi Kereta api juga digunakan untuk pengiriman barang antar kota dan antar wilayah juga Kereta api mengangkut kargo seperti batu, batu bara, Bensin, Rel dan Bantalan bagi rel kereta. Kereta juga memilki gerbong SAR yang mana digunakan untuk melakukan pertolongan ataupun digunakan untuk evakuasi. Kegiatan magang atau Praktik Kerja Lapang dilakukan di Daop 9 Jember Depo kereta Ketapang. Mahasiswa yang melakukan kegiatan magang berjumlah enam orang. Kegiatan PKL dilakukan pada hari Senin sampai Sabtu dan di lakukan pada jam 08.00 sampai 16.00. Di depo Kereta Ketapang terdapat kegiatan umum yang biasanya dilakukan mulai dari Apel pagi, Briefing, Jum’at bersih, perawatan kereta, dan Perencanaan perawatan kereta. Di Depo Kereta Ketapang terdapat tiga divisi yaitu LOSD, Electric, SPV luar. Dari ke tiga divisi tersebut memiliki perannya masing masing dalam melakukan pekerjaannya. Divisi LOSD melakukan pengerjaan Exterior dan Interior. untuk Exterior sendiri mencakup perbaikan dan perawatan rangka bawah sedangkan Interior bagian dalam Kereta. Divisi Electric merupakan divisi yang bertugas melakukan perbaikan dan perawatan pada kelistrikan kereta, Kelistrikan kereta mencakup Audio, Lampu – Lampu, AC(Air Conditioner), dan juga perawatan Diesel pada kereta makan. SPV Luar merupakan Supervisor luar memiliki tugas mengkoordinasi para pekerja yang melakukan pengecekan saat jalannya kereta. Perawatan kereta yang di lakukan Depo Kereta Ketapang yaitu sistem periodic. Perawatan periodic sendiri dilakukan dengan pendjadwalan dengan jangka waktu bulanan. Perawatannya sendiri mencakup perawatan kereta dalam dan luar. Perawatan dalam dan luar sendiri mencakup dua divisi yaitu LOSD dan elektrik. Perawatan dalam masuk pada kelistrikan, audio dan AC (air conditioner), Untuk Perawatan mencakup LOSD yang merupakan bagiandari rangka bawah, Namun LOSD juga memiliki pekerja yang melakukan pekerjaan di interior juga dan pekerjaannya mencakup perbaikan pintu, pengecatan body. dalam perbaikan toilet dan juga perbaikan tandon pada kereta. Judul yang diambil oleh penulis adalah Perawatan dan Pemeriksaan Alat Tolak Tarik Kereta di PT. Kereta Api Indonesia persero daop 9 Jember Depo kereta Ketapang. Alat Tolak Tarik merupakan sebuah komponen yang di fungsikan untuk sambungan pada kereta. Perawatan yang dilakukannya secara Periodik bulanan dari P1 hingga P12. karena perawatan sebuah sambungan kereta dilakukan secara periodik maka perawata Alat tolak tarik sendiri masuk dalam kategori perawatan korektif yang berarti di lakukan berdasakan waktu.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBudiprasojo, AzamataufiqNIDN0011088402
Uncontrolled Keywords: ATT (Alat Torak Tarik),Depo Ketapang
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Rifal Fajri Hidayatullah
Date Deposited: 08 Mar 2022 03:02
Last Modified: 08 Mar 2022 03:03
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/11319

Actions (login required)

View Item View Item