Agustin, Lailia (2020) PRODUKSI DAN PEMASARAN BAKSO GORENG “BASRENG “ IKAN TONGKOL. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Ringkasan)
07. RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (85kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
12. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (259kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (224kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
B32171129_LAPORAN LENGKAP_TA.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Bakso Goreng (basreng) merupakan makanan camilan yang terbuat dari bahan baku utama daging dan tepung tapioka yang diolah dengan cara di rebus dan di goreng. Camilan ini memiliki rasa gurih, berwarna kecoklatan serta bertekstur renyah. Pada Proyek Usaha Mandiri (PUM) ini, muncul sebuah ide inovatif untuk menciptakan suatu produk yang terbarukan dari bakso goreng,yaitu bakso goreng ikan tongkol. Bahan utama yang dibutuhkan dalam pembuatan bakso goreng ikan tongkol adalah ikan tongkol dan tepung tapioka, sebagai bahan dasar serta garam, telur, es batu dan bumbu-bumbu. Proses produksi bakso goreng ikan tongkol memiliki beberapa tahapan,mulai persiapan alat dan bahan, pencucian, trimming, fillet, penimbangan, penggilingan dan pencampuran, pembentukan, perebusan, penirisan, pemotongan, penggorengan, penambahan balado. Titik kritis dalam pembuatan bakso goreng ikan tongkol ini adalah pada tahap pemotongan dan penggorengan. Produk bakso goreng ikan tongkol ini memiliki B/C ratio sebesar 1,25 dengan laju keuntungan 25,72 %, sehingga produk ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha karena layak untuk dijalankan. Pemasaran bakso goreng ikan tongkol ini dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Pemasaran secara langsung dilakukan dengan menawarkan produk kepada konsumen secara tatap muka. Sasaran konsumen dalam pemasaran secara langsung yaitu tetangga, saudara dan teman yang datang ke rumah. Sedangkan pemasaran secara tidak langsung dilakukan melalui media sosial seperti Whatsapp dan instagram. Dalam pemasaran produk bakso goreng ikan tongkol ini terbilang tidak mudah dan kesulitan dalam menemukan konsumen.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 165 - Teknologi Pangan dan Gizi | ||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Lailia Agustin | ||||||
Date Deposited: | 02 Dec 2020 10:04 | ||||||
Last Modified: | 07 Dec 2020 03:12 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/1067 |
Actions (login required)
View Item |