Proses Penggilingan Rss (Ribbed Smoke Sheet) Menggunakan Mesin Sheet Mangel (Six In One) Di Pabrik Pengolahan Karet PTPN XII Kebun Banjarsari

Fitriani, Deyana Rizky (2021) Proses Penggilingan Rss (Ribbed Smoke Sheet) Menggunakan Mesin Sheet Mangel (Six In One) Di Pabrik Pengolahan Karet PTPN XII Kebun Banjarsari. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (419kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (425kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (530kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap_merged.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan Praktik Kerja Lapang bertujuan untuk, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman kerja bagi mahasiswa mengenai kegiatan perusahaan/industri, melatih agar lebih kritis terhadap perbedaan di lapangan dengan yang diperoleh di bangku kuliah, mengembangkan keterampilan yang tidak diperoleh di kampus. Praktik Kerja Lapang ini dilaksanakan selama 12 minggu dimulai dari 06, September sampai dengan 31 Desember 2021 di PTPN XII Kebun Banjarsari, Jember. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan praktik kerja lapang (PKL) adalah observasi lapang, penerapan kinerja dengan mengikuti aktivitas yang ada di PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Banjarsari, studi pustaka dan penyusunan laporan. Kegiatan yang dilakukan selama PKL meliputi Penyadapan, Penerimaan Lateks, Pembekuan/pengolahan lateks, Penggilingan Sheet, Pengasapan, Sortasi dan Pengiriman. Penggilingan adalah proses pembentukan koagulum mejadi lembaran sheet dengan menggunakan mesin sheet mangel. Tujuan dari penggilingan sheet untuk mengurangi kadar air dan memperluas permukaan sheet. Mesin sheet mangel di pabrik pengolahan RSS (Ribbed Smoked Sheet) PTPN XII Kebun Banjarsari type Six In One dengan kapasitas penggilingan dalam satu hari adalah 1.800 koagulum. Mekanisme kerja penggilingan dimulai dari membuka tutup plastik bak koagulasi, penutupan dengan plastik bertujuan untuk menghindari kontaminasi kotoran dari luar pada proses pembekuan. Pengangkatan koagulum ke talang, dilakukan bersamaan pengaliran air ke talang dengan tujuan untuk memperlancar jalannya bekuan lateks di talang menuju mesin penggiling.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSupriyono, SupriyonoNIDN0031105903
Uncontrolled Keywords: Proses Penggilingan, Mesin Sheet Mangel
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Keteknikan Pertanian > PKL
Depositing User: Deyana Rizky Fitriani
Date Deposited: 09 Feb 2022 07:43
Last Modified: 09 Feb 2022 07:44
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/10555

Actions (login required)

View Item View Item