Maulidi, Ahmad (2020) Analisis Usaha Rengginang Singkong Rasa Terasi Di Desa Karangren Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo. Other. Politeknik Negeri Jember. (Unpublished)
Text (Abstrak)
07. ABSTRAK.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (86kB) |
|
Text (Bab1. Pendahuluan)
14. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (178kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (136kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
21. D31170213_LAPORAN LENGKAP_TA.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan tugas akhir analisis usaha rengginang singkong rasa terasi adalah dapat melaksanakan proses produksi, menganalisis usaha dan melakukan pemasaran. Pelaksanaan tugas akhir rengginang singkong rasa terasi di Desa Karangren Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo. Proses produksi rengginang singkong rasa terasi terdiri dari pengupasan, pencucian, pemarutan, penyaringan, pencampuran, pencetakan, pengukusan, penjemuran, penggorengan, pengemasan dan pelabelan. Satu kali produksi menghasilkan rengginang mentah sebesar 3,5 kg lalu digoreng menghasilkan 5 kg yang dikemas dengan menggunakan plastik standing pouch sebanyak 25 kemasan. Analisis usaha yang digunakan adalah BEP, R/C Ratio, dan ROI. Pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan bauran pemasaran yaitu produk, harga, saluran distribusi dan promosi. Hasil tugas akhir yang pertama, produksi dilakukan sebanyak 5 kali. Setiap satu kali proses produksi membutuhkan waktu 8 jam dengan tenaga kerja satu orang. Kedua, hasil analisis usaha menghasilkan BEP (produksi) 16 kemasan dari produksi 25 kemasan dan nilai BEP (harga) Rp 10.000 dengan harga jual Rp 15.000, nilai R/C Ratio 1,48 dan nilai ROI 16%, maka usaha ini menguntungkan dan dapat dilanjutkan. Ketiga, pemasaran produk rengginang dijual dengan haraga Rp 15.000. Saluran distribusi digunakan secara langsung dan tidak langsung yaitu dengan melalui 3 toko. Promosi produk dengan cara penjualan langsung ke konsumen dan melalukan periklanan dengan media WhatsApp.
Item Type: | Monograph (Other) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > PKL | ||||||
Depositing User: | Abd. Rahman | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2022 03:36 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2022 07:13 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/9710 |
Actions (login required)
View Item |