Rancang Bangun Sistem Informasi Claim Management Pada Alur Incoming Claim dan Internal Claim di PT. E-T-A Indonesia

Bitari Mei Yuana, Dia (2014) Rancang Bangun Sistem Informasi Claim Management Pada Alur Incoming Claim dan Internal Claim di PT. E-T-A Indonesia. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
7. ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (89kB)
[img] Text (Bab I. Pendahuluan)
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (159kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (144kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
22. LAPORAN_PKL_LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Quality Management merupakan strategi untuk mengimplementasikan dan mengelolah aktivitas perbaikan seluruh Departemen pada suatu perusahaan yang fokus terhadap konsumen, perbaikan kualitas, serta integritas. Salah satu peran Quality management adalah Complaint Handling yang berperan untuk menangani permasalahan yang muncul akibat kecacatan baik dalam hal pelayanan maupun produk yang dihasilkan yang bersifat internal dan eksternal. Complain Handling pada PT. E-T-A Indonesia diproses dalam Claim Manajement dengan tiga alur claim diantaranya adalah incoming claim, internal claim, dan outgoing claim. Seluruh alur klaim yang berjalan pada PT. E-T-A Indonesia diproses secara manual sehingga mengalami beberapa permasalahan diantaranya adalah pemborosan kertas karena transaksi klaim sangat tergantung pada penggunaan kertas, tingkat keamanan penyimpanan yang rendah, dan proses evaluasi yang terbatas sehingga menjadi tidak efetif dan efisien. Oleh karena itu, pada Laporan Praktek Kerja Lapang dibuat Rancang Bangun Sistem Informasi Claim Management pada Alur Inacoming Claim dan Internal Claim di PT. E-T-A Indonesia. Berdasarkan data transaksi Incoming Claim dan transaksi Internal Claim yang diambil pada tahun 2013 dengan jenis barang 1170 untuk transaksi incoming claim dan jenis barang 1176 untuk transaksi Internal Claim dilakukan. Hasil dari pengujian tersebut dibandingkan dengan Claim Management yang diproses secara manual dan menghasilkan sistem yang lebih efektif dan efisien dari sistem yang telah berjalan sebelumnya serta dapat menciptakan sistem paperless dengan menghasilakn tiga status close dan dua status open pada proses transaksi claim. Seluruh status claim yang telah dibuat dapat dilihat pada list 8D Report dengan dua transaksi incoming dan satu transaksi internal yang memiliki status close.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDody Lesmana, I PutuNIDN0021097903
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 577 - Manajemen Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > PKL
Depositing User: Sri Supriyatiningsih
Date Deposited: 31 Dec 2021 03:38
Last Modified: 31 Dec 2021 03:38
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/8985

Actions (login required)

View Item View Item