Putra, Wahyuda Cahargya (2018) Analisa Kecelakaan Kerja Pada Proses Pengelasan Kerangka Bak Truck Dengan Menggunakan Metode Hazop (Hazard And Operability Study) Di Ud. Putra Rahmat Jember. [Experiment] (Unpublished)
Text (Ringkasan)
4. RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (17kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (16kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (40kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pengelasan merupakan teknik penyambungan dua buah logam dengan cara mencairkan sebagian logam induk dan logam pengisi dengan atau tanpa tekanan dan dengan atau tanpa logam penambah dan menghasilkan sambungan yang kontinu. Pada proses pengelasan terdapat dua jenis yaitu las listrik dan las acetylene, dimana keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing. Pada las listrik biasanya di gunakan untuk menyambung logam yang cukup tebal karena temperature yang di hasilkan cukup tinggi sehingga permukaan loham yang akan di sambung tidak mengalami kerusakan. Dan pada jenis las acetylene biasanya di gunakan untuk logam plat yang tipis. Pada proses pembuatan kerangka bak truk teknik pengelasan yang di terapkan adalah jenis las listrik. Karena logam yang gunakan cukup tebal dan kerangka bak truk membutuhkan sambungan yang kuat. Pada proses pengelasan pembuatan kerangka bak truk terdapat beberapa peraturan untuk menghindari kecelakaan dalam bekerja. Karena keselamatan dan kesehatan salah satu faktor penting dalam kelancaran produksi sehingga program k3 harus di terapkan di perusahaan setiap perusahaan. Kecelakaan kerja merupakan kecelakaan yang terjadi dalam lingkungan kerja yang dapat terjadi karena kondisi lingkungan kerja yang tidak aman ataupun karena human error. Sebab itu penulis memerlukan suatu metode dalam penanganannya yaitu metode HAZOP (Hazard and Operability Study). HAZOP adalah studi keselamatan yang sistematis, berdasarkan pendekatan sistemik ke arah penilaian keselamatan dan proses pengoperasian peralatan yang kompleks, atau proses produksi. Tujuannya untuk mengidentifikasi kemungkinan bahaya yang muncul di UD. PUTRA RAHMAT khusnya di bidang pengelasan. v Praktek kerja lapang sendiri bertujuan sebagai kesempatan mahasiswa untuk mengimplementasikan keterampilannya sesuai bidang keahlian dan mengikuti perkembangan iptek. Oleh karenanya, penulis memiliki minat pada Analisis Kecelakaan Kerja Dengan Menggunakan metode HAZOP (Hazard And Operability Study) di bidang pengelasan pembuatan kerangka bak truk. Hasil dari praktek kerja lapangan antara lain yaitu mengenalkan situasi kerja di sebuah perusahaan pada mahasiswa, mengasah keterampilan dalam melaksanakan proses produksi dan memberikan kontribusi keahlian mahasiswa pada perusahaan di tempat praktek kerja lapang dilaksanakan
Item Type: | Experiment | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain) | ||||||
Divisions: | Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL | ||||||
Depositing User: | Wahyuda Cahargya Putra | ||||||
Date Deposited: | 10 Dec 2021 01:54 | ||||||
Last Modified: | 10 Dec 2021 01:55 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/8308 |
Actions (login required)
View Item |