Produksi Dan Pemasaran Keripik Tempe Rasa Cokelat-Vanila

Maulidyarani, Aliffika Sherly (2021) Produksi Dan Pemasaran Keripik Tempe Rasa Cokelat-Vanila. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
B32181151_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tempe adalah produk berbentuk padatan kompak putih, yang diperoleh dari kedelai kupas rebus dan difermentasi menggunakan kapang Rhizopus sp. Dalam perkembangannya, tempe diolah dan disajikan sebagai aneka panganan siap saji yang diproses dan dijual dalam kemasan, yaitu keripik tempe. Keripik tempe terbuat dari irisan tempe yang tipis yang telah dibumbui melalui tahap penggorengan. Inovasi penambahan rasa cokelat serta cokelat putih pada keripik tempe menjadikan kombinasi antara cokelat putih serta cokelat bubuk dengan perpaduan warna cokelat pada satu sisi dan warna putih pada sisi lain sehingga menghasilkan tampilan serta rasa baru, sehingga menjadi alternatif sebagai daya tarik konsumen. Pemilihan rasa ini dikarenakan cokelat mengandung antioksidan yang berguna untuk mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh dan beberapa kandungan senyawa aktif dipercaya dapat memperbaiki mood. Tahapan proses pembuatan antara lain pemotongan tempe, perendaman tempe dengan air kapur, penjemuran tempe, pengadonan, penggorengan, penirisan, pengolesan cokelat dan pengemasan. Produk keripik tempe rasa cokelat-vanila yang dihasilkan dalam 15 kali produksi sebanyak 124 kemasan dengan berat 50 gram yang dijual seharga Rp.7.000. Pemasaran produk keripik tempe rasa cokelat-vanila dilakukan secara langsung dengan metode konvensional serta menggunakan media online untuk menjangkau lebih luas. Media sosial yang digunakan yaitu whatsapp pribadi, instagram pribadi serta instagram produk (@krpik.pekuu). Keuntungan yang diperoleh sebesar Rp. 213.301 didapatkan laju keuntungan 32,58% dan R/C ratio 1,32. Dimana R/C rasio >1 maka usaha keripik tempe rasa cokelat-vanila dinyatakan menguntungkan dan layak dijalankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorN, M. Ardiyansyah SuryaNIDN8882110016
Uncontrolled Keywords: Produksi Dan Pemasaran Keripik Tempe Rasa Cokelat-Vanila
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan (Bondowoso) > Tugas Akhir
Depositing User: Aliffika Sherly M
Date Deposited: 22 Oct 2021 21:36
Last Modified: 22 Oct 2021 21:37
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/7489

Actions (login required)

View Item View Item