Malinda, Ishambar Nur (2020) Analisis Usaha Carang Mas Ubi Jalar Rasa Jahe di Kelurahan Mer Kecamatan Kranggan Kota Mojokerto,. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (ringkasan)
08. RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (85kB) |
|
Text (bab1 pendahuluan)
14. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (91kB) |
|
Text (daftar pustaka)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (140kB) |
|
Text (laporanlengkap)
D31170851_LAPORAN LENGKAP_TA.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Analisis usaha carang mas ubi jalar bertujuan untuk melakukan proses produksi carang mas ubi jalar rasa jahe, menganalisis usaha carang mas ubi jalar rasa jahe menggunakan metode analisis BEP, R/C Ratio dan ROI, serta melakukan kegiatan pemasaran produk carang mas ubi jalar rasa jahe. Tugas akhir ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai 28 Januari 2020 sampai 28 April 2020 di Kelurahan Meri Kecamatan Kranggan Kota Mojokerto. Metode analisis usaha yang digunakan dalam pelaksanaan tugas akhir ini yaitu BEP (Break Event Point), R/C Ratio (Revenue Cost Ratio) dan ROI (Return on Investment). Proses produksi carang mas ubi jalar rasa jahe terdiri dari persiapan alat dan bahan, pengupasan, pemarutan, perendaman, pembuatan adonan gula jahe, penggorengan, pencampuran bahan, pencetakan, pendinginan, pelabelan, penimbangan dan pengemasan. Kegiatan produksi carang mas ubi jalar rasa jahe telah dilaksanakan sebanyak 5 kali dengan waktu 4 jam dalam satu kali produksi dan membutuhkan tenaga kerja sebanyak 1 orang. Satu kali produksi dihasilkan 36 kemasan. Hasil analisis usaha didapatkan nilai BEP (produksi) sebesar 27 kemasan, BEP (harga) Rp. 3.801, nilai R/C Ratio sebesar 1,32 dan nilai ROI 5,90%, maka usaha carang mas ubi jalar rasa jahe ini menguntungkan dan layak untuk diusahakan. Pemasaran dilakukan secara langsung dan dititipkan ke dua toko yaitu Toko Mulyo di Ambulu dan Toko Hijau di Mastrip 4 Jember. Lokasi pemasaran dilakukan di Mojokerto dan Jember. Kegiatan pemasaran didukung oleh kegiatan promosi yang dilakukan dengan komunikasi langsung dan menggunakan media sosial Whatsapp dan Instagram. Satu kemasan dengan berat 80 gram dijual dengan harga Rp.5.000.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Imam Maliki | ||||||
Date Deposited: | 12 Oct 2021 01:59 | ||||||
Last Modified: | 12 Oct 2021 02:00 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/7217 |
Actions (login required)
View Item |