Penerapan Puzzle Perakitan Rangkaian Adaptor Pada Aplikasi Game “Edge: The Unknown Horizon” Berbasis Android

Afdol, Jerry Muhammad (2019) Penerapan Puzzle Perakitan Rangkaian Adaptor Pada Aplikasi Game “Edge: The Unknown Horizon” Berbasis Android. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
1.E32161657 Jery M Afdol - Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (62kB)
[img] Text (Bab 1)
2.E32161657 Jery M Afdol - Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (91kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
3.E32161657 Jery M Afdol - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (135kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
4.E32161657 Jery M Afdol - Full Text.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam pembuatan puzzle perakitan rangkaian adaptor, pemasangan suatu komponen ke tempat yang tepat sangat di prioritaskan. Perakitan rangkaian adaptor ini merupakan salah satu rangkaian yang dipilih oleh penulis sebagai salah satu contoh penerapan perakitan suatu rangkaian dengan mengenalkan simbol-simbol yang terdapat pada PCB (Printed Circuit Board). Pembuatan game ini dilakukan untuk menambah media pembelajaran baru mengenai elektronika dasar sebagai salah satu kontribusi yang dilakukan demi pendidikan elektronika yang lebih baik lagi. Dalam merancang puzzle rangkaian adaptor ini, pencarian metode yang tepat untuk menerapkan suatu puzzle agar mudah dipahami dan dapat dinikmati oleh pemain sangatlah penting. Mengingat banyak nya pengembang game diluar sana yang mengangkat pembelajaran elektronika dasar sebagai salah satu tujuan dari sebagian game edukasi, maka dipilih-lah metode drag and drop sebagai metode yang mudah dimengerti dan sudah tidak asing lagi di dunia game edukasi. Alassan memakai rangkaian adaptor sebagai puzzle dalam game, yaitu sebagai contoh PCB (Printed Circuit Board) kosong yang akan dipasangkan dengan komponen yang sesuai dengan simbol dan satuan yang terdapat pada PCB. Dengan menggunakan rangkaian adaptor ini, pemain akang mengetahui cara membaca satuan dan simbol pada PCB dan diharapkan bisa menerapkan hal serupa pada rangkaian elektronika yang lainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPhoa, VictorNIDN0031108503
Uncontrolled Keywords: Puzzle perakitan, Rangkaian adaptor, Mobile game
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 463 - Teknik Perangkat Lunak
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Teknik Komputer > Tugas Akhir
Depositing User: Jerry Muhamad Afdol
Date Deposited: 05 Oct 2021 03:59
Last Modified: 05 Oct 2021 04:01
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/7035

Actions (login required)

View Item View Item