Fani, Moch Khoirul (2021) Analisis Usaha Ikan Mujair Kering Bumbu Dendeng Di Desa Nangkaan Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
D31180979_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk melaksanakan proses produksi ikan mujair kering bumbu dendeng,menghitung analisis kelayakan usaha dan memasarkan produk ini ke masyarakat. Tugas akhir ini dilaksanakan selama 6 bulan dari bulan Februari hingga Juli 2021 di Desa Nangkaan Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo Usaha ini menggunakan metode praktik langsung untuk proses produksi. Proses pemasaran menggunakan strategi STP dan bauran pemasaran 7P (product, price, promotion, place, People,Process,Physical Evidence)analisis usaha yang digunakan yaitu BEP(produksi), BEP(harga), R/C Ratio,ROI dan Net Profit Margin, proses produksi yang telah dilakukan sebanyak 5 kali produksi. Setiap satu kali proses produksi dan pemasaran membutuhkan 5 jam dengan menggunakan 1 orang tenaga kerja. Hasil perhitungan BEP (produksi) sebesar 30 kemasan dari total produksi 40 kemasan, BEP (harga) sebesar Rp. 10.007 dari harga jual Rp. 13.000, R/C Ratio sebesar 1,29,ROI sebesar 27,70% dan Net Profit Margin sebesar 23,01% sehingga usaha ini layak untuk dikembangkan dan diusahakan. Pemasaran ikan mujair kering bumbu dendeng dalam kemasan 100 gr yang dijual dengan harga Rp.13.000 di distribusikan secara langsung dan tidak langsung ke konsumen, promosi produk ini dengan cara mengiklankan melalui media online yaitu facebook dan whatsapp untuk sistem pemasaran secara langsung yaitu dengan cara konsumen datang kerumah produksi dan sistem pemasaran secara tidak langsung yaitu dititipkan ke toko terdekat. Kata Kunci : Analisis Usaha, Ikan Mujair, Pemasaran
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Usaha, Ikan Mujair, Pemasaran | ||||||
Subjects: | 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis | ||||||
Divisions: | Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis (Bondowoso) > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Moch Khoirul Fani | ||||||
Date Deposited: | 28 Sep 2021 04:39 | ||||||
Last Modified: | 28 Sep 2021 04:40 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/6892 |
Actions (login required)
View Item |