Analisis Usaha Nastar Selai Salak Di Desa Sekarputih Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan

Wulandari, Ayu (2021) Analisis Usaha Nastar Selai Salak Di Desa Sekarputih Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D31182185_LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan tugas akhir ini dilakukan di Desa Sekarputih Kecamatan Gondangwetan kabupaten Pasuruan mulai tanggal 4 Februari 2021 sampai dengan 30 April 2021. Nastar selai salak merupakan produk inovasi baru dari Nastar yang banyak digemari pada saat lebaran. Pelaksanaan tugas akhir ini bertujuan untuk melakukan proses pembuatan nastar selai salak, memasarkan nastar selai salak dan menganalisis kelayakan usaha nastar selai salak. Metode analisis yang digunakan yaitu BEP (Break Event Point), R/C Ratio (Revenue Cost Ratio) dan ROI (Return On Investment) dengan melakukan pemasaran secara langsung dari proses produksi sampai dengan proses pemasaran dan menjadikan usaha baru dengan beberapa kriteria investasi. Dalam tugas akhir ini proses produksi dilakukan sebanyak 5 kali proses produksi, dalam satu kali produksi menghasilkan 10 toples. Hasil analisis didapatkan yaitu BEP ( produksi ) 6 toples dari 10 toples, BEP (Harga) sebesar Rp 17.268 dengan harga jual Rp 25.000, R/C Ratio sebesar 1,45 dan ROI 12,70%. Berdasarkan analisis, maka usaha nastar selai salak menguntungkan dan layak diusahakan. Pemasaran nastar selai salak menggunakan bauran pemasaran 4P Produk dari tugas akhir ini adalah nastar selai salak, dengan berat 250 gram per toples. Produk dipasarkan di sekitar kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan, proses pemasaran dilakukan secara langsung dari produsen ke konsumen. Kegiatan promosi dilakukan dengan cara mempromosikan produk melalui media sosial, seperti instagram dan whatsapp. Kata kunci : Nastar Selai Salak

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPongoh, Ida Adha AnrosanaNIDN0012127502
Uncontrolled Keywords: Nastar Selai Salak
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Ayu Wulandari
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:33
Last Modified: 25 Aug 2021 04:34
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/6252

Actions (login required)

View Item View Item